Sukses

Setahun Tenggelam di Danau, iPhone 11 Pro Max Masih Berfungsi

Sebuah iPhone 11 Pro Max ditemukan di dasar danau setelah 1 tahun lamanya terendam. Kendati demikian, iPhone tersebut masih berfungsi ketika dinyalakan.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone tidak dirancang untuk tetap bertahan di bawah air. Meski ada smartphone yang memiliki dukungan sertifikat IP68 antiair, terdapat berbagai batasan dalam penggunaannya.

Kendati begitu, tidak demikian dengan cerita iPhone yang terendam di dasar danau selama setahun. Mengutip laman Phone Arena, Rabu (14/4/2021), kabar ini datang dari seseorang pemilik iPhone bernama Chen di Taiwan.

Dilaporkan Taiwan News, kisah ini dimulai dari Chen yang hobi mengayuh dayung di Sun Moon Lake, Taiwan, pada tahun lalu. Meski beberapa kali terjatuh, Chen selalu bangkit dan kembali naik ke papan lalu mengayuh dayungnya.

Dalam kesempatan mengayuh dayung, ia membawa iPhone 11 Pro Max miliknya yang baru dibeli. Chen berpikir smartphone tersebut akan aman dibawa mendayung di air karena disimpan di tas tahan air. 

Tas tersebut digantungkan ke leher. Sayangnya, ikatan tas tersebut terlepas dan membuat smartphone beserta tasnya terjatuh hingga ke dasar danau dengan kedalaman 89 kaki.

Banyak tas tahan air di Amazon memiliki maksimal kedalaman 49 kaki di bawah air. Dengan kedalaman rata-rata danau, kemungkinan iPhone tersebut pasti tenggelam dan penuh dengan lumpur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hampir Mustahil Bertahan

iPhone 11 Pro Max memang memiliki sertifikat IP68 yang mampu terendam di air hingga 4 meter selama 30 menit sehingga rasanya mustahil iPhone tersebut bisa bertahan.

Chen pun tetap berpikir positif akan hal ini. Kepada istrinya, Chen mengatakan, seseorang mungkin kebetulan akan menemukan iPhone-nya mengambang di danau.

Salah satu temannya bahkan mengatakan, "Yakinlah kamu akan melihat iPhone tersebut setahun ke depan."

Prediksi sang teman ternyata tepat. Setahun setelah kejadian iPhone 11 Pro Max tercebur, danau Sun Lake Moon mengalami kekeringan hingga ke dasar danau.

3 dari 3 halaman

Masih Berfungsi

iPhone 11 Pro Max milik Chen pun ditemukan di bebatuan kering dan dikembalikan kepada Chen. Uniknya, iPhone tersebut masih tetap berfungsi seperti sedia kala ketika dinyalakan.

Chen pun sangat senang dengan hal ini. Ia bahkan mengaku tidak bisa tidur selama berhari-hari karena memikirkan hal tersebut.

Danau Sun Lake Moon sendiri tidak pernah mengalami kekeringan hingga dasarnya dalam 50-60 tahun terakhir. Uniknya lagi, segera setelah iPhone 11 Pro Max milik Chen dikembalikan ke pemiliknya, air di Sun Lake Moon segera terisi kembali.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.