Sukses

Mengenal Lebih Dekat Robot Gundam Setinggi 18 Meter di Yokohama

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar seri Mobile Suit Gundam pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok robot ikonik RX-78-2.

Tampil sebagai Gundam pertama di serial yang populer pada 1979-an, Bandai Namco Group mewujudkan mimpi banyak penggemar setia seri itu dengan membuat robot raksasa ini di dunia nyata.

Terletak di luar Gundam Factory di Yokohama, RX-78-2 Gundam memiliki ukuran tinggi 18 meter dan berat 25 metrik ton, sebagaimana dilansir dari Sora News 24.

Bandai Namco Group membangun robot Gundam ini sebagai upaya memperingati 40 tahun penayangan serial TV "Mobile Suit Gundam" tahun lalu.

Layaknya sosok RX-78-2 di serial TV dan film, robot Gundam raksasa yang dibangun selama 6 tahun ini juga dapat bergerak.

Diketahui, RX-78-2 dapat melakukan sejumlah gerakan yang sederhana hingga kompleks, seperti menggerakkan kaki, tangan, dan kepala hingga berlutut.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Agar terlihat seperti di seri anime, para insinyur menyertakan beberapa lampu yang terpasang di bagian-bagian tertentu robot RX-78-2 ini, seperti di kepala, mata, dada, dan lutut.

Robot humanoid ini rencananya akan menjadi daya tarik utama Gundam Factory di Yokohama saat dibuka resmi pada 1 Oktober 2020. 

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Namun karena pandemi COVID-19, pihak penyelenggara memutuskan menunda pembukaan atraksi robot Gundam raksasa tersebut untuk umum.

Baru pada 19 Desember 2020, fans setia Gundam dan robotika dari seluruh dunia berkesempatan untuk melihat secara langsung penampilan RX-78-2 ini. 

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Bagi yang berkesempatan datang langsung ke Yokohama, pengunjung dapat melihat kepala dan tubuh RX-78-2 ini dari dek observasi yang memiliki ketinggian 15 hingga 18 meter.

Rencananya, atraksi robot Gundam RX-78-2 ini hanya akan dibuka hingga 31 Maret 2022.