Sukses

Gandeng Helios Data, XL Axiata Tingkatkan Kemampuan Perlindungan Data Pelanggan

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata meningkatkan kemampuan proteksi dan keamanan data pelanggan korporasi. Salah satunya dengan menggandeng Helios Data.

Helios Data merupakan perusahaan penyedia keamanan data asal California, AS. Keduanya menerapkan teknologi Secure Data Sharing untuk meningkatkan perlindungan data pelanggan.

Kolaborasi ini dinilai relevan seiring transformasi digital yang digaungkan XL Axiata. Perusahaan menyebut, seluruh proses bisnis dikembangkan dengan memanfaatkan platform digital guna memungkinkan perlindungan data secara sistematis dan menyeluruh.

Director & Chief Information Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, keamanan data pelanggan adalah hal yang mutlak dalam industri layanan digital, termasuk XL Axiata.

"Kami terus meningkatkan kemampuan keamanan data pelanggan, dengan harapan, upaya ini akan mampu mendorong kepercayaan para pelanggan terhadap layanan kami," kata Yessie.

Ia menambahkan, implementasi teknologi dari Helios Data juga sejalan dengan perhatian lebih perusahaan atas keamanan data pelanggan. Apalagi XL Axiata, menurut Yessie, juga telah memiliki sejumlah sertifikasi keamanan data.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Observasi

Pilihan bermitra dengan Helios Data berdasarkan observasi yang dilakukan XL Axiata. Perusahaan melihat, Helios Data mampu memberi layanan yang dibutuhkan XL Axiata terkait kemanan dan proteksi data pelanggan.

Kepada XL Axiata, Helios Data memberikan solusi yang memastikan keamanan terhadap semua aktivitas terkait monetisasi data bisnis.

Perlindungan ini diyakini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi XL Axiata dan partnernya dalam mengelola proses bisnis secara digital. XL Axiata sebagai penyedia layanan telekomunikasi dapat melakukan proteksi penuh terhadap data pelanggan dan partner bisnisnya.

Sementara itu, pelanggan dalam hal ini partner bisnis XL Axiata dapat mempercayakan keamanan datanya untuk dikelola secara professional dan terhindar dari penyalahgunaan data.

CEO of Helios Data Fei Zou mengatakan, perusahaannya menawarkan solusi terkait Secure Data Sharing yang dibangun di atas teknologi Constrained Protected Domain (CPD) yang telah dipatenkan dan berbasis pada Teknologi Network Security dan Confidential Computing.

3 dari 3 halaman

Tantangan Proteksi Data di Indonesia

Solusi ini kemudian diadopsi perusahaan-perusahaan yang peduli pada teknologi inovatif untuk perlindungan data, seperti XL Axiata.

Hingga saat ini, keamanan data pelanggan kerap kali menjadi tantangan bagi sebagian perusahaan di Indonesia.

Permasalahannya, algoritma keamanan belum mampu memberikan proteksi secara menyeluruh. Namun dengan menggunakan platform yang dimiliki Helios Data, XL Axiata mengklaim, proteksi terhadap data pelanggan yang dikelola suatu perusahaan dapat dilakukan secara real time.

Solusi ini juga digadang-gadang menawarkan pelacakan dan perlindungan real-time atas data pelanggan.

"Ke depannya, diharapkan teknologi ini akan terus dikembangkan dan diperbaharui sehingga mampu memberikan proteksi terbaik dari setiap aktivitas bisnis yang dilakukan antara XL Axiata dan partnernya," kata Yessie.

(Tin/Isk)

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa