Sukses

Instagram Rilis Fitur Live Rooms, Pengguna Bisa Siaran IG Live Berempat

Instagram merilis fitur Live Rooms, memungkinkan pengguna untuk siaran IG Live berempat.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram tampaknya ingin penggunanya bisa melakukan siaran IG live bersama lebih banyak orang sekaligus. Perusahaan pun merilis sebuah fitur bernama Live Rooms.

Mengutip The Verge, Selasa (2/3/2021), fitur Instagram Live Rooms memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran IG Live maksimal 4 orang.

Sebelumnya, batas maksimal siaran IG Live bersama hanya untuk 2 orang. Fitur Live Rooms kini telah tersedia secara global.

"Kami berharap, dengan meningkatkan jumlah pengguna yang bisa live bersama akan membuat kesempatan baru, untuk mengadakan talk show, sesi tanya jawab, atau berkolaborasi dengan seniman lain. Bahkan jika hanya ingin mengobrol bersama teman," kata Instagram dalam unggahan blognya.

Menurut Instagram, Live Rooms akan memberikan lebih banyak ruang bagi kreator untuk membangun bisnisnya dan menghasilkan lebih banyak uang.

Apalagi sebelumnya Instagram mengumumkan, para penonton tayangan IG Live bisa membeli lencana untuk kreator favoritnya, guna menunjukkan dukungan.

Kini dengan Live Rooms, penonton dapat membeli lencana untuk host dan menggunakan fitur interaktif lainnya seperti Shopping atau Live Fundraisers.

"Kami juga mengeksplorasi lebih banyak tool interaktif seperti menawarkan kontrol lebih bagi moderator dan fitur audio yang akan ada dalam beberapa bulan mendatang," kata Instagram.

Instagram sendiri melihat, sejak awal pandemi Covid-19, pihaknya melihat ada lebih banyak aktivitas di IG Live. Tahun lalu misalnya, momen spesial ditayangkan secara live, seperti berbagi informasi seputar Covid-19, wawancara dengan selebritas, dan lain-lain.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Memulai IG Live Berempat?

Untuk memulai siaran IG Live berempat melalui Live Room, pengguna bisa swipe ke kanan lalu memilih opsi Live camera.

Kemudian, masukkan judul Live dan tap ikon Room untuk menambahkan pengguna lain yang mau diajak Live bersama.

Pengguna juga bisa melihat siapa saja yang meminta untuk ikutan Live bersama atau menambahkan tamu untuk bergabung dalam siaran IG Live.

Ketika seorang pengguna memulai sebuah Live Room, ia akan berada di bagian paling atas layar.

Sebagai broadcaster, pengguna kemudian bisa menambahkan tiga orang lainnya sekaligus atau pun satu per satu.

3 dari 3 halaman

Pastikan Keamanan IG Live Berempat

Meski ada banyak orang yang bergabung dalam IG Live, Instagram menyebut pihaknya merancang fitur ini dengan tetap mempertimbangkan aspek keamanan.

"Orang yang diblokir oleh partisipan aktif tidak akan bisa bergabung dalam sesi Live berempat," kata Instagram.

Para pengguna yang aksesnya dicabut karena melanggar Pedoman Komunitas juga tidak akan bisa bergabung dalam Live Room.

"Fitur yang saat ini tersedia untuk host Live seperti kemampuan untuk melaporkan, memblokir komentar, dan menerapkan filter komentar juga akan tersedia untuk host Live Room," katanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini