Sukses

Ramai Tagar Shopee Bunuh UMKM di Twitter, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial Twitter diramaikan oleh tagar #ShopeeBunuhUMKM yang mulai menjadi trending topic.

Menurut pantauan Getdaytrends, tagar ini ramai sejak dua jam ke belakang dengan volume twit masih di bawah 10.000.

Usut punya usut, tagar itu bermula dari percakapan sejumlah pengguna Twitter yang membahas tentang seller atau penjual di Shopee yang bernama Mr. Hu.

Beberapa foto detail pengiriman barang dari China di Shopee yang dibagikan oleh warganet menunjukkan bahwa nama Mr. Hu selalu tercantum sebagai pengirim.

Isu ini pun memantik diskursus lebih jauh mengenai persaingan antara produk asal China dengan produk lokal. Tirta Hudhi, misalnya, menyoroti harga produk asal China yang lebih murah daripada produk lokal.

"Kayanya banyak yg belum ngerti ya, jadi kmren ada fenomena mr hu, seller dari china, yg brngnya nyampe mana2. Isinya barang2 lucu, dan brng kebutuhan hari2 lah. Harganya sangat murah," kata dia di akun @tirta_hudhi dengan lebih dari tiga ratus ribu pengikut.

Transaksi eceran lintas negara ini, menurut Tirta, dapat membahayakan kelangsungan UMKM.

"Bayangin, biasanya kalian beli batik misal 100.000 via mr hu ini, bisa beli batik print dari china 35.000 dapet 2 pcs Kita pasti pesen krena murah. Begitu liat alamat seller? Yup. Bukan dari negara Indonesia," kata Tirta lebih lanjut.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Deddy Corbuzier

Diskursus ini juga menarik perhatian pesohor Deddy Corbuzier. Pria yang belakangan ini dikenal rutin membawakan podcast di kanal YouTube tersebut mengungkapkan rasa penasaran siapa sebetulnya sosok Mr. Hu.

"Who is Mister Hu.. Jadi kepo.. Atau mmg produk kita kalah saing? Tambah kepo.. Atau mmg ada hal lain#SellerAsingBunuhUMKM," kata dia di akun @corbuzier.

Temuan warganet dan LinkedIn

Upaya warganet dalam mencari tahu siapa itu Mr. Hu menemui titik terang. Penelusuran mereka mengarah pada satu nama, yakni Hu Jianhua, yang disebut sebagai posisi President di China Merchants Group Ltd.

Kami mencoba melakukan penelusuran di LinkedIn dan mendapati bahwa nama Hu Jianhua disebut dalam sebuah post dari perusahaan pengiriman E. Ports Co.Ltd.

Perusahaan berbasis di Shanghai itu, menurut informasi yang tercantum di LinkedIn, merupakan platform B2B untuk eCommerce yang melayani jasa pengiriman ke seluruh dunia. Mereka mengklaim bermitra dengan lebih dari 40.000 pemilik kapal, lebih dari 2.000 agensi, dan lebih dari 10.000 penyuplai di China.

3 dari 3 halaman

Bukan hanya Shopee

Sebetulnya Shopee bukan satu-satunya platform eCommerce lain yang memfasilitasi seller dari luar negeri untuk berjualan produk di pasar Indonesia.

Selain Shopee, ada pula JD.id dan Lazada. Jika pengguna ketiga eCommerce itu cermat, mereka akan mendapati keterangan "produk dikirim dari luar negeri" pada produk di laman seller asing.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK