Sukses

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai aplikasi olah pesan yang populer di berbagai kalangan, tak jarang akun WhatsApp menjadi sasaran peretas atau hacker.

Jika mendapati pesan-pesan mencurigakan, pengguna perlu melakukan beberapa langkah penting. Apalagi, jika sesaat mendapati pesan itu, akun WhatsApp tidak dapat diakses.

Kalau kamu, misalnya, tidak dapat login ke akun WhatsApp, kamu cukup melakukan hal-hal berikut ini.

Pertama, melakukan install ulang aplikasi WhatsApp. Perlu diperhatikan, nomor yang digunakan untuk masuk ke WhatsApp haruslah aktif karena kamu perlu memasukkan nomor tersebut saat proses verifikasi di aplikasi WhatsApp.

Lalu, akan muncul notifikasi melalui SMS yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang ditentukan.

Jika nomor itu aktif dan tersemat pada smartphone yang digunakan untuk memasang WhatsApp, sistem biasanya secara otomatis akan membaca dan memasukkan kode yang diterima itu.

Selepasnya kamu dapat kembali menggunakan akun WhatsApp.

2 dari 3 halaman

Aktifkan verifikasi dua langkah

Sebagai langkah antisipasi, setelah kamu berhasil mengembalikan akun WhatsApp. sebaiknya kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah atau two-step verification.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna diminta untuk memasukkan PIN yang berjumlah enam digit yang telah didaftarkan ketika memasang aplikasi di perangkat baru atau melakukan pemasangan ulang aplikasi.

3 dari 3 halaman

Tanda Umum WhatsApp Diretas

Tiba-tiba logout adalah ciri yang paling terlihat, jika akun WhatsApp diretas. Mengapa? Pada dasarnya, WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat saja.

Tanda lainnya adalah ada notifikasi meminta verifikasi. Kalau kamu tidak melakukan pemasangan WhatsApp pada perangkat mana pun, kamu perlu mewaspadai notifikasi ini. Artinya, kamu tidak perlu menyetujui langkah ini.