Sukses

MacBook 2021 Bakal Kembali Hadirkan Slot SD Card

Liputan6.com, Jakarta - Ada kemungkinan Apple akan kembali menghadirkan slot SD pada laptop MacBook Pro yang rilis 2021. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh wartawan Bloomberg, Mark Gurman.

Mengutip The Verge, Senin (25/1/2021), jajaran MacBook Pro belum menawarkan slot SD card sejak Apple menghapusnya di tahun 2016.

Kala itu dalam desain ulang produk laptopnya, Apple menghilangkan semua port laptop dan justru menghadirkan dukungan empat port USB-C yang sifatnya lebih universal.

Sejak 2016, hal ini sekaligus memaksa banyak pengguna profesional yang mengandalkan format SD card populer untuk transfer foto dan video ke laptop menggunakan dongle.

Sekadar informasi, kabar tersebut muncul setelah laporan sebelumnya dari gurman yang merinci ada sejumlah perubahan pada desain MacBook. Misalnya saja kehadiran MacBook 14 inci dan 16 inci.

2 dari 3 halaman

Isu Penghapusan Touch Bar

Perubahan ini termasuk juga penghapusan Touch Bar, demi kehadiran tombol fisik. Selain itu juga kabar tentang adanya perubahan desain menjadi lebih kotak, sejalan dengan jajaran iPad Pro, iPad Air, dan iPhone 12.

Apple juga kabarnya bakal menambahkan tampilan yang lebih cerah serta membawa kembali pengisi daya MagSafe magnetis Apple untuk MacBook.

Perubahan lain yang juga bakal dilakukan Apple adalah MacBook yang meluncur 2021 bakal menggunakan chipset M1 yang berbasis ARM, milik Apple sendiri alih-alih menggunakan chipset Intel.

3 dari 3 halaman

Kata Analis Apple

Analis terkemuka Ming-Chi Kuo menguatkan laporan tersebut dengan klaim, laptop baru Apple akan menawarkan port tambahan.

Hal ini secara khusus menandai konfirmasi pertama dari kehadiran kembali slot SD card pada MacBook.

Sayangnya, isu ini masih terbatas pada MacBook Pro sebagai laptop flagship Apple. Sementara MacBook Air kabarnya hanya akan didukung sepasang port USB type-C.

(Tin/Ysl)