Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Mobil Listrik Buatan Apple, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, Apple terkenal sebagai perusahaan yang mendesain, mengembangkan, dan menjual perangkat komputer. Salah satu produk buatan Apple yang mendunia adalah iPad dan iPhone.

Namun pada Januari 2021, beberapa netizen mengunggah video di media sosial yang menggambarkan sebuah mobil listrik buatan Apple. Cek Fakta Liputan6.com menemukan video mobil buatan Apple dengan durasi 16 detik di akun Facebook Technical Library.

Dalam video yang diunggah, terlihat sebuah mobil mewah berwarna putih sedang mengisi daya. Terlihat juga pengisi daya untuk mobil itu seperti kabel 5V / 1A yang digunakan untuk mengisi daya untuk iPhone, iPad, dan iPod.

Begini narasi yang ada di akun Facebook Technical Library:

"Apple Concept Car, Charging, Powering up"

Lalu, benarkah mobil listrik dalam video itu benar-benar buatan Apple yang merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images. Hasil penelusuran menunjukkan ada video yang identik di akun TikTok atas nama Oumi, pengguna asal China.

Oumi membagikan video itu pada 4 Januari 2021 dengan judul: "Apakah Apple mengisi daya seperti ini? #Apple car #Metode pengisian mobil Apple". Oumi mendeskripsikan dirinya sebagai special effects artist.

Klik link ini untuk melihat video unggahan Oumi.

Perhatikan tangkapan layar di bawah ini:

Pembahasan serupa juga ditemukan di situs AFP Fact Check dalam artikel berjudul: "This is an animation created by a special effects artist -- it does not show a real Apple vehicle". Artikel ini dipublikasikan pada 22 Januari 2021.

Dalam artikel tersebut, AFP Fact Check menyebut mobil buatan Apple yang tersebar di media sosial telah dimanipulasi. Bahkan, AFP Fact Check berhasil mendapatkan penjelasan dari pembuat video.

"Sayalah yang bermain-main dalam video itu dan efek khusus dibuat oleh tim saya. Kami mengambil mobil secara acak dan menambahkan logo Apple ke dalamnya," katanya melalui WeChat, 18 Januari 2018.

Perusahaan raksasa Apple memang berniat memproduksi mobil. Namun, mereka akan merilis mobil listrik pada 2024. Klik di sini untuk membaca rencana Apple membuat mobil listrik.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim video yang menyebut mobil listrik buatan Apple tidaklah benar. Sebab, mobil listrik itu merupakan hasil manipulasi dari special effects artist asal China, Oumi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: