Sukses

Selain Blog, Tulis Ceritamu di 3 Aplikasi ini

Liputan6.com, Jakarta - Menulis sebuah cerita dapat menjadi sebuah hobi menyenangkan. Kamu bisa menuliskan cerita fiksi hingga pengalaman pribadi untuk dibagikan kepada orang lain.

Umumnya, hobi menulis dituangkan ke situs blog gratis. Jika kamu mau alternatif blog, berikut ini rekomendasi 3 layanan aplikasi yang akan memudahkan kamu untuk terus menulis.

Medium

Aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah Medium. Kamu cukup mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau AppStore di smartphone.

Orang-orang biasanya membuat artikel mengenai tips, opini terkait suatu kebijakan, atau bahkan cerita berkelanjutan. Tentunya, kamu dapat menambahkan teks dan foto untuk melengkapi tulisan.

Untuk dapat mulai menulis, kamu cukup membuat akun terlebih dahulu. Medium menghadirkan fitur tambahan yang bisa kamu dapatkan dengan berlangganan.

Selain versi mobile, Medium juga dapat dibuka melalui web browser. Lebih jauh lagi, ada beberapa program menarik yang bisa membuat kamu mendapat penghasilan dari Medium, tentunya dengan aturan dan kebijakan yang sudah ditentukan.

2 dari 3 halaman

Wattpad

Sama halnya dengan Medium, Wattpad juga dapat diakses melalui smartphone kamu. Melalui Wattpad kamu dapat berbagi cerita.

Beberapa pengguna aplikasi ini sering mengunggah cerita fiksi menarik secara kontinu. Kamu juga dapat merespons langsung melalui fitur komentar yang tersedia.

Di Indonesia suda ada beberapa penulis yang menerbitkan bukunya bermula dari menulis di aplikasi ini. kamu juga bisa membaca cerita-cerita populer lainnya yang dibagikan pengguna lain.

Wattpad dapat diunduh di Google Play Store dan AppStore. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. Kamu cukup membuat akun untuk bisa mulai menulis. Lebih lanjut lagi, kamu dapat menikmati fitur premium dengan membayar mulai dari 5 ribu rupiah saja.

3 dari 3 halaman

Steller

Mengusung model seperti instagram, Steller dapat membagikan teks cerita, foto, dan video secara bersamaan. Steller adalah singkatan dari Story Teller yang berarti penutur cerita atau pendongeng.

Bagi kamu yang sering membuat puisi atau kutipan-kutipan menarik, sepertinya Steller ini cocok. Tulisan kamu akan terlihat lebih menarik dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Di Indonesia, Steller baru populer sekitar tahun 2016, berjarak dua tahun pascarilis.

Sama seperti yang lainnya, kamu cukup membuat akun atau masuk menggunakan akun Twitter kamu agar lebih praktis. Kebanyakan pengguna Steller adalah traveler yang membagikan kisah menariknya disini.

Lebih lanjut kamu dapat menikmati fitur premiumnya cukup dengan membayar mulai dari 14 ribu rupiah saja. Steller telah diunduh oleh 100 ribu lebih pengguna di Google Play Store.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer