Sukses

Instagram Uji Coba Tampilan Stories Baru di Desktop

Instagram diketahui tengah melakukan uji coba tampilan Stories yang ingin ditampilkan di situs web.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram tengah menguji coba tampilan baru untuk layanan Stories yang diakses melalui situs web atau versi desktop dari layanannya. 

Berdasarkan bocoran dari uji coba yang sedang dilakukan, tampilan Stories yang diakses lewat situs web dibuat lebih nyaman dilihat.

Dikutip dari Engagdet, Selasa (5/1/2021), dalam uji coba ini diketahui Instagram Stories akan ditampilkan dalam bentuk carousel, bukan satu halaman penuh seperti yang ada saat ini.

Dengan uji coba perubahan tampilan ini, pengguna dapat langsung melihat deretan Stories yang ada di linimasanya. Navigasi untuk berpindah antar Stories tetap sama dan pengguna dapat mengkliknya atau membiarkannya berganti secara otomatis.

Uji coba tampilan baru untuk Instagram Stories yang dapat dilihat di situs web. (Sumber: Instagram)

Juru bicara Instagram sendiri juga memastikan perusahaan memang menguji coba tampilan baru ini pada kelompok kecil pengguna. Adapun uji coba ini sudah dilakukan sejak bulan lalu.

Kendati demikian, layanan milik Facebook tersebut tidak mengungkap kapan perubahan ini akan diterapkan secara permanen dan berlaku untuk semua pengguna.

Dalam beberapa bulan terakhir, Instagram memang diketahui tengah meningkatkan layanannya di situs web. Sebelumnya, pengguna dimungkinkan untuk membuka Direct Messages (DM) dari versi situs web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Lite Dirilis Lagi, Ukurannya Cuma 2MB

Terlepas dari uji coba ini, Instagram diketahui kembali menghadirkan aplikasi Instagram Lite. Aplikasi Instagram versi ringan ini ukurannya hanya 2MB.

Instagram Lite hadir bagi negara-negara yang jaringan internetnya belum stabil sekaligus untuk para pengguna yang memakai perangkat entry level.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (23/12/2020), Instagram Lite bukan teknologi asing, pasalnya pada awal 2020, Instagram sempat "membunuh" aplikasi Instagram Lite dan kini kembali menghidupkannya.

Instagram saat itu mengatakan, pihaknya tengah memperbarui Instagram Lite ke versi terbaru. Setelah berbulan-bulan perbaikan, Instagram mengumumkan kembali hadirnya Instagram Lite.

Kendati demikian, perlu diketahui Instagram Lite saat ini baru tersedia untuk para pengguna di India.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Fitur Tidak Bisa Diakses di Instagram Lite

Sekadar informasi, aplikasi Instagram Lite ini memiliki fungsi seperti Instagram reguler. Pengguna bisa mengakses fitur inti seperti feed dan Instagram Stories.

Sayangnya, para pengguna tidak akan bisa memakai fitur baru Instagram di versi lite ini. Fitur seperti Reel, IGTV, dan stiker berbasis AR yang ada di Stories tidak akan tersedia di Instagram Lite.

Sejauh ini, belum diketahui apakah Instagram berencana membawa Instagram Lite ke negara-negara lain.

Kehadiran Instagram Lite sendiri bukanlah ide yang buruk, bahkan ketika seorang pengguna tinggal di tempat dengan koneksi internet cepat dan stabil. Semoga saja Instagram Lite segera rilis di Indonesia.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.