Sukses

Review Xiaomi Mi Watch: Smartwatch Murah dengan Fitur Lengkap nan Stylish

Dengan berbagai hal yang ditawarkan, apakah Mi Watch mampu bersaing dengan smartwatch lain buatan Apple, Realme, Samsung, dan Huawei yang sudah ada di pasaran saat ini?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi menutup 2020 dengan memperkenalkan salah satu produk ekosistem terbaru mereka di pasar Tanah Air, yakni Mi Watch.

Walau dibanderol harga Rp 1,6 jutaan, Xiaomi menyematkan berbagai fitur yang sangat canggih bagi para "penggila" olahraga, harga kompetitif, dan desain premium.

Dengan berbagai hal yang ditawarkan, apakah Mi Watch ini mampu bersaing dengan smartwatch lain buatan Apple, Realme, Samsung, dan Huawei yang sudah ada di pasaran saat ini?

Tanpa panjang lebar, simak review Xiaomi Mi Watch yang menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain

Tampilan depan Xiaomi Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tidak seperti kebanyakan smartwatch murah saat ini yang mirip dengan Apple Watch--berbentuk kotak--dan terlihat modern, Mi Watch justru mengambil konsep desain klasik.

Yup, jika dilihat sepintas Mi Watch ini mengadopsi bentuk jam tangan analog dengan bodi bulat berukuran 46mm. Bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan ramping, jam baru milik Xiaomi ini akan sedikit terasa lebih besar.

Soal desain, Mi Watch menawarkan bentuk yang elegan dan stylish karena mengombinasikan bodi jam klasik dengan tampilan muka digital. Hanya memiliki berat 32 gram, Mi Watch sangat nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari hingga saat tidur sekalipun.

Sensor di Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Xiaomi Mi Watch sendiri tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu black, navy blue, dan beige. Sayangnya, saat ini perusahaan hanya menyediakan warna black dan navy blue saja di situs resmi Mi.com.

Pilihan warna smartwatch baru milik Xiaomi tersebut kurang sesuai selera? Jangan khawatir, karena perusahaan sudah menyediakan 6 pilihan strap (tali jam) bagi kamu yang ingin tampil trendi.

Xiaomi menawarkan 6 pilihan strap untuk Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Jika diperhatikan, Mi Watch hadir dengan dua buah tombol. Tombol atas dipakai untuk ke menu utama aplikasi, dan tombol bawahnya untuk shortcut latihan atau olahraga.

Adapun tombol kedua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik itu jenis olahraga di luar dan di dalam ruangan. Secara default, Xiaomi menyajikan 17 jenis pilihan olahraga.

Dua tombol fisik di Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berhubung sudah dilengkapi sertifikasi 5ATM (kedalaman air 50 meter), kamu tidak perlu khawatir akan hujan atau dipakai untuk berenang--asal bukan di lautan.

Dengan kemampuan ini, Mi Watch dapat dipakai dalam berbagai situasi baik itu untuk sehari-hari ataupun saat berolahraga tanpa khawatir jam pintar rusak karena keringat.

 

3 dari 7 halaman

Display

Tampilan depan Xiaomi Mi Watch dengan layar 1,39 inci. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Mi Watch hadir dengan layar AMOLED 1,39 inci yang sudah dilapisi kaca berbahan tempered glass sehingga mampu bertahan dari berbagai goresan dan benturan.

Berdasarkan pengalaman selama memakai jam pintar milik Xiaomi ini, layar sentuh Mi Watch sangat responsif dengan panel layar yang cukup terang dibandingkan perangkat di kelasnya.

Kami juga tidak mengalami masalah saat melihat tampilan di layar smartwatch meskipun sedang berada di luar ruangan dan di bawah matahari.

Hal ini dibantu dengan fitur auto brightness yang disertakan Xiaomi di dalam smartwatch, sehingga cahaya di layar dapat redup atau terang tergantung dari kondisi sekeliling.

Xiaomi menyertakan 100 lebih tampilan jam (faces) di Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Fitur menarik lainnya yang juga Xiaomi hadir di dalam Mi Watch adalah always-on display. Saat pengujian, kami merasa baterai smartwatch tidak terlalu cepat terkuras.

 

4 dari 7 halaman

Baterai

Charger magnetic Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Mi Watch sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 420mAh, dan diklaim mampu bertahan hingga 16 hari lamanya.

Selama satu minggu pemakaian, baterai smartwatch yang berkapasitas full sudah habis setengahnya--di charge hingga full pada Selasa 15 Desember 2020.

Tergantung dari seberapa intens smartwatch dipakai, bukan hal yang tidak mungkin kamu harus mengisi baterai pada hari kesembilan atau sepuluh.

Mengingat fitur always-on display selama pengujian Mi Watch ini dinyalakan, masa pakai baterai selama hari ke-7 dengan sisa kapasitas 43 persen ini cukup mengesankan.

 

5 dari 7 halaman

Fitur Mi Watch

Menu di dalam Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hadir sebagai smartwatch dengan fitur kebugaran terlengkap di pasaran saat ini, Xiaomi sudah menyediakan 117 pilihan mode olahraga, dangan 17 modusnya bisa langsung digunakan.

Kamu dapat memilih jenis olahraga, seperti lari di luar ruangan, berenang di kolam renang, tracking, treadmill, bersepeda di dalam ruangan, yoga, hingga lari lintas alam sekalipun.

Seperti fitness tracker lainnya, kamu akan mendapatkan semua data dari mode olahraga tersebut di smartwatch atau smartphone lewat aplikasi Xiaomi Wear.

Data-data ini dapat dipakai untuk menganalisis berapa kalori yang dibakar, seberapa stabil pernapasan, dan kondisi detak jatung ketika atau setelah selesai latihan.

Untuk memakai jenis latihan di smartwatch pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu tekan tombol Sport di jam pintar untuk memunculkan app drawer, dan tap jenis olahraga yang diinginkan.

Opsi modus olahraga yang Xiaomi sertakan di dalam Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Nanti, GPS di dalam smartwatch akan mendeteksi semua jenis aktivitas dan melacak pergerakan kamu cukup akurat--saat berolahraga di luar ruangan.

Fitur pendeteksi dan pencatat detak jantung di dalam jam pintar pun cukup akurat. Namun, fitur ini membutuhkan sedikit waktu untuk mencatat perubahan atau interval detak jatung saat berolahraga.

Selain itu, Mi Watch ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sleep tracking (pendeteksi tidur) yang cukup lengkap, seperti Deep Sleep, Light Sleep, REM (Rapid Eye Movement), dan Awake.

Selama pemakaian, kami mendapati pelacakan tidur Mi Watch ini cukup akurat dalam hal mendeteksi pola tidur yang berbeda. Xiaomi juga menyajikan skor agar memudahkan pengguna untuk mengetahui lebih baik bagaimana pola tidur kamu.

Fitness tracker di Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kemampuan Mi Watch pun tak sebatas dari fitur-fitur di atas. Fitur lainnya adalah fitur smartwatch untuk melacak tingkat stres dan energi kamu sehari-hari dengan informasi yang sangat lengkap dan informatif.

Xiaomi juga sudah melengkapi smartwatch barunya ini dengan kompas, barometer (untuk mengukur tekanan udara), dan SpO2 untuk mencatat kadar oksigen di dalam darah.

Pengguna juga akan mendapati fitur notifikasi untuk panggilan masuk dan pesan, alarm, stopwatch, pengendali musik, lampu senter, dan timer telah terpasang di Mi Watch.

 

6 dari 7 halaman

Sofware

Mi Watch mampu mendeteksi kadar oksigen di dalam darah. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Agar bisa menggunakan Mi Watch, kamu haru menginstal aplikasi Xiaomi Wear (Android) atau Xiaomi Wear Lite (iPhone). Proses pairing pun cukup sederhana, dan tetap terkoneksi dengan stabil berkat Bluetooth 5.0

Xiaomi Wear sendiri dibagi dalam tiga bagian, seperti informasi kesehatan, kendali perangkat, dan profile pengguna.

Tampilan aplikasi Xiaomi Wear di smartphone. (Liputan6/ Yuslianson)

Kamu juga dapat mengaktifkan notifikasi dan mengunduh beragam tampilan jam digital. Sayangnya, aplikasi ini tidak memberikan pengguna untuk mengubah informasi profil.

 

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

Pendeteksi detak jantung di Mi Watch. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan banderol Rp 1,6 jutaan, Mi Watch merupakan smartwatch terbaik dan paling lengkap fiturnya dari merek jam pintar buatan perusahaan lainnya.

Selain menawarkan layar AMOLED dan daya tahan baterai mengesankan, Mi Watch juga menyediakan beragam jenis olahraga yang lengkap.

Namun, apa yang membuat Mi Watch ini beda dari smartwatch lainnya? Dari sekian banyak hal, kami merasa jam pintar ini unggul dalam hal desain klasik, elegan, dan jarang diadopsi oleh perusahaan lainnya.

Memang smartwatch milik Samsung, Apple, atau Oppo menawarkan fitur tambahan lainnya, tetapi tentunya harga jam pintar buatan mereka jauh lebih mahal ketimbang milik Xiaomi ini.

Tampil sebagai smartwatch anyar di pasaran saat ini, Xiaomi berhasil menawarkan sebuah produk yang kaya akan fitur kesehatan dengan banderol harga terjangkau.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini