Sukses

Ini Syarat dan Kebijakan Baru Pengajuan Akun Centang Biru di Twitter

Twitter mengumumkan pengajuan untuk akun centang biru mulai Januari 2021, berikut sejumlah syarat yang perlu dipenuhi ketika pengguna mengajukan tanda centang biru.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mengumumkan program verifikasi alias pengajuan akun centang biru akan kembali dibuka pada Januari 2021.

Dalam kesempatan ini jejaring sosial microblogging itu juga mengungkap sejumlah kebijakan baru, berdasarkan masukan pengguna.

Twitter juga mengungkapkan sejumlah persyaratan sebuah akun lengkap, yang bisa diajukan untuk mendapat centang biru. Apa saja?

"Kebijakan baru kami mendefinisikan akun lengkap sebagai akun yang memiliki salah satu kriteria berikut ini," kata Twitter dalam keterangannya, Jumat (18/12/2020).

1. Memiliki alamat email dan nomor telepon terverifikasi

2. Memiliki gambar profil

3. Memiliki nama tampilan profil

Selain itu, untuk mengajukan akun centang biru di Twitter, nantinya peninjau akan bertanya kepada para pemohon untuk memilih kategori status terverifikasi mereka dan melakukan konfirmasi identitas melalui tautan serta materi pendukung lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Kebijakan Twitter untuk Mendapatkan Centang Biru

Selain itu, berdasarkan masukan pengguna, akun Twitter yang ingin mengajukan tanda centang biru tak lagi harus:

- Kriteria profil yang dikategorikan "lengkap" dirasa terlalu membatasi, sehingga Twitter memperbarui definisi tersebut agar tidak perlu mencantumkan bio di profil atau foto di bagian header

- Memperbarui referensi Wikipedia agar lebih selaras dengan standar yang diterbitkan ensiklopedia untuk kelayakan dan kualitas artikel

- Mengklarifikasi judul pada kategori "Berita" untuk menyertakan "Berita dan Jurnalis" serta kategori "Olahraga" untuk menyertakan "Olahraga dan esports" agar lebih inklusif.

Twitter juga menambahkan referensi pada kategori aktivis, penyelenggara, dan individu berpengaruh lainnya agar lebih jelas menyertakan kreator konten pada kategori tersebut

- Perhitungan jumlah pengikut minimum di sebuah akun di setiap negara tidak selalu menjadi pendekatan yang tepat.

Oleh karena itu, Twitter memperbarui hal ini dengan menyesuaikannya berdasarkan kawasan regional untuk membuat persyaratan pengikut tidak rentan terhadap spam dan lebih adil di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Pengajuan Akun Centang Biru

Berdasarkan keterangan Twitter, permohonan verifikasi untuk publik pada tahun 2021 akan melalui proses aplikasi baru, yang akan tersedia secara mandiri pada halaman Pengaturan Akun pada web dan aplikasi.

Proses ini termasuk bertanya kepada para pemohon untuk memilih kategori status terverifikasi mereka dan melakukan konfirmasi identitas melalui tautan serta materi pendukung lainnya.

Twitter akan menggunakan proses review otomatis dan human review untuk memastikan peninjauan aplikasi dengan cermat dan tepat waktu.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini