Sukses

3 Keunggulan Powerbank Berteknologi Wireless Charging

Liputan6.com, Jakarta - Masa pakai baterai smartphone adalah salah satu hal yang paling menjadi perhatian pengguna, sehingga powerbank dijadikan pilihan untuk menambah waktu penggunaan.

Kini banyak smartphone mendukung pengisian nirkabel, sehingga kamu tak perlu menggunaan kabel untuk mengisi daya smartphone.

Dengan menggabungkan portabilitas baterai dan pengisian nirkabel Qi (standar daya induktif), sejumlah produsen pun kemudian melahirkan kategori aksesori baru: powerbank berteknologi wireless charging.

Beberapa brand global dan lokal bahkan turut menawarkan produk ini. Salah satu powerbank nirkabel buatan lokal adalah Hippo Elite Othello 3.

Powerbank ini memiliki fitur wireless charging yang dapat mengeluarkan output hingga 10W, sehingga pengisian daya lebih cepat.

Namun sayangnya, peminat powerbank nirkabel belum terlalu banyak. Padahal, teknologi ini memiliki beberapa keunggulan.

1. Dapat Disesuaikan

Mengutip laman Epectec, Rabu (11/11/2020), pengisian daya nirkabel umumnya dapat disesuaikan untuk mengalirkan energi 5W atau 10W ke baterai smartphone. Ini bisa menjadi solusi yang baik untuk mengisi daya baterai smartphone kamu.

Meski tanpa kabel, powerbank nirkabel juga dapat mengisi baterai dengan kecepatan tinggi (tergantung pada ukuran baterai smartphone).

2 dari 3 halaman

2. Lebih Aman

Pengisian daya nirkabel biasanya digunakan pada perangkat medis dan produk makanan, di mana sengatan listrik atau tingkat bakteri harus dijaga seminimal mungkin dan tidak boleh ada kontak listrik.

Selain itu, teknologi wireless charging juga bisa menghindari kamu dari korsleting listrik karena pengisian daya tidak membutuhkan kabel.

3 dari 3 halaman

3. Port USB Smartphone Jadi Lebih Awet

Jika kamu sering menggunakan pengisian daya nirkabel, tentunya port USB pada smartphone kamu akan lebih awet karena cuma sering digunakan untuk transfer data.

Bila kamu sering menggunakan kabel untuk isi daya, port USB akan berperan ganda: transfer data dan juga pengisian daya.

(Isk/Ysl)