Sukses

Microsoft Ungkap Deretan Aplikasi Hiburan untuk Xbox Series X

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peluncurannya, Microsoft mengumumkan sejumlah aplikasi yang akan tersedia di Xbox Series X saat hadir nanti.

Seperti PS5 yang sudah melakukan hal serupa, deretan aplikasi ini kebanyakan menawarkan layanan multimedia, baik video dan musik.

Dikutip dari Polygon, Rabu (3/11/2020), sejumlah aplikasi yang akan hadir di Xbox Series X saat meluncur nanti adalah Netflix, Disney Plus, HBO Max, Apple TV Plus, Spotify, YouTube, YouTube TV, Amazaon Prime Video, Hulu, hingga Twitch.

Selain itu, ada aplikasi seperti TubiTV dan Starsz. Khusus untuk aplikasi Apple TV Plus, pengguna di Amerika Serikat juga dapat berlangganan konten di Showtime, CBS All Access, dan AMC Plus.

Dalam pengumumannya, Microsoft juga menyebut aplikasi seperti Netflix, Disney Plus, dan Vudu akan mendukung Dolby Vision dan Dolby Atmos, untuk memberikan pengalaman audio yang lebih baik.

Sebelumnya Xbox Series X, PS5 juga diketahui akan hadir dengan sejumlah aplikasi hiburan bawaan. Jadi, saat meluncur nanti pada 12 November 2020, penerus PS4 itu memiliki aplikasi streaming video maupun musik. 

2 dari 3 halaman

Netflix dan Disney Plus Bakal Jadi Aplikasi Bawaan di PS5

Dikutip dari The Verge, Senin (26/10/2020), sejumlah aplikasi streaming populer, seperti Apple TV Plus, Amazon Prime Video, Disney Plus, Hulu, Netflix, Peacock, Spotify, Twitch dan YouTube dipastikan langsung hadir di PS5 pada 12 November nanti.

Tidak hanya itu, Sony juga mengumumkan PS5 Media Remote yang meluncur bersama dengan konsol anyar tersebut akan memiliki tombol khusus untuk Disney Plus, Netflix, Spotify, dan YouTube.

Namun perlu diketahui remote tersebut dijual terpisah dari paket pembelian PS5. Adapun remote ini dibanderol dengan harga USD 30 atau sekitar Rp 440 ribu.

Langkah Sony untuk menghadirkan layanan hiburan lain di PS5 juga terlihat dari tampilan antarmukanya. Berdasarkan informasi yang diungkap, PS5 kini memiliki laman untuk aplikasi hiburan yang terpisah dari gim.

"Membuat ruang khusus Gim dan Media menghadirkan pengalaman yang lebih cepat dan mudah, bagi pengguna PS5 untuk beralih dari gim ke konten hiburan kapanpun diinginkan," tulis perusahaan dalam laman blog-nya.

Bersama dengan pemisahan ini, pengguna juga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi hiburan melalui PS Store. Sony pun mengatakan ke depannya akan lebih banyak aplikasi yang hadir di platform PS5.

3 dari 3 halaman

Microsoft Ungkap Harga Xbox Series X

Di sisi lain, Microsoft akhirnya mengungkap jadwal peluncuran Xbox Series X. Pengumuman ini dilakukan tidak lama setelah perusahaan mengumumkan informasi mengenai Xbox Series S.

Dikutip dari The Verge, Kamis (10/9/2020), dalam pengumumannya, Microsoft mengatakan akan meluncurkan Xbox Series X pada 10 November 2020. Adapun harga untuk konsol anyar ini adalah USD 499 atau sekitar Rp 7,4 juta.

Pre-order akan dilakukan mulai 22 September 2020. Microsoft juga menawarkan konsol ini dalam program bundel Xbox All Access yang terdiri dari Xbox Series X, Xbox Game Pass Ultimate, dan Xbox Live.

Hanya perlu diketahui, program ini baru tersedia di 12 negara saja, ketika nanti Xbox Series X dan X Series S meluncur.

(Dam/Isk)