Sukses

Twitter Down Malam Ini, Semua Fitur Eror

Liputan6.com, Jakarta - Twitter down malam ini selama sekitar dua jam. Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (28/10/2020), media sosial ini tumbang sejak sekitar jam 21.16 WIB.

Sejumlah pengguna Twitter membuat laporan di situs web Down Detector, di mana mereka mengeluh semua fitur eror dan tidak bisa diakses hingga pukul 23.16.

Gangguan terjadi pada fitur profil hingga direct message (DM). Pengguna juga mengeluh tak bisa mengunggah tweet atau foto.

"Twitter down gak sih??? beneran nanyaa," keluh pengguna.

"Ini down udah sejam???, timpal pengguna lainnya.

Tak hanya di Indonesia, Twitter down juga terjadi di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Singapura dan Malaysia.

2 dari 3 halaman

Pengguna Tak Bisa Tweet dan Retweet

Sebelumnya,Twitter mengalami gangguan Jumat (16/10/2020) pagi di banyak negara, sehingga menyebabkan jutaan pengguna tidak dapat memposting ke platform-nya.

Twitter down selama beberapa menit, dan meskipun dengan cepat dihidupkan kembali, pengguna tidak dapat men-tweet atau me-retweet apa pun selama lebih dari satu jam.

Mereka yang mencoba mem-posting sesuatu disambut dengan pesan yang mengatakan Twitter "kelebihan kapasitas", atau catatan sederhana yang mengatakan: "Ups, ada yang tidak beres."

Notifikasi dan mention juga tidak tersedia. Mengutip laman Guardian, pengguna Twitter di Australia, Inggris, dan AS semuanya melaporkan masalah ini.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Twitter

Berkaitan dengan masalah tersebut, Twitter menjelaskan bahwan platform miliknya tumbang bukan karena masalah keamanan.

"Twitter tumbang bagi banyak pengguna dan kami sedang berupaya untuk mengembalikannya agar dapat digunakan kembali oleh semua orang. Kami mengalami masalah dengan sistem internal dan tidak ada bukti pelanggaran keamanan atau peretasan," ujar Twitter di akun resminya.

Saat situs web tersebut down, juru bicara Twitter mengatakan kepada Guardian Australia bahwa perusahaan sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kami tahu orang-orang mengalami masalah dalam men-tweet dan menggunakan Twitter. Kami sedang berupaya untuk memperbaiki masalah ini secepat mungkin," katanya.