Sukses

Tips Mengintegrasikan Chat di Instagram dan Messenger

Facebook telah mengintegrasikan Messenger dan Instagram di Indonesia. Kini, pengguna kedua layanan tersebut dapat saling berkirim pesan secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook telah merilis fitur cross-app messaging atau integrasi Messenger dan Instagram di Indonesia. Kini, pengguna kedua layanan tersebut dapat saling berkirim pesan secara langsung.

Pesan dan panggilan menggunakan Intagram akan tetap berada di dalam aplikasi tersebut. Perubahan utamanya adalah pengguna Messenger bisa mengirim pesan ke Instagram tanpa harus mengunduh aplikasi Instagram. Hal ini berlaku juga sebaliknya.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, saat ini kehadiran fitur tersebut di Indonesia hanya bisa digunakan sebatas untuk saling berkirim pesan melalui Direct Message (DM) Instagram dan Messenger.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk menggunakan fitur baru ini:

1. Unduh Pembaruan

Fitur lintas platform Instagram dan Messenger (Andina Librianty/ Liputan6.com)

Pengguna Instagram harus terlebih dahulu mengunduh pembaruan. Bagi yang sudah mendapatkan notifikasi pembaruan, akan melihat keterangan "Introducing Cross-App Messaging" di laman utama Instagram.

Logo DM di pojok kanan pun kini berganti dengan ikon Messenger.

Bagi pengguna Messenger, fitur ini bisa digunakan di versi terbaru aplikasi pesan singkat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Akun Saling Terhubung

Setelah mengunduh pembaruan, Instagram dan Messenger bisa saling terhubung. Pengguna kedua layanan bisa saling mengirim pesan.

Kini di bagian kolom pencarian akun di Instagram, pengguna akan melihat keterangan "More on Facebok" untuk menemukan pengguna Messenger yang akan dikirim pesan. Begitu juga sebaliknya.

3. Bisa Berikan Reaksi

Facebook menghadirkan fitur ini lebih interaktif dengan adanya ikon reaksi. Pengguna Instagram bisa memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirim dan diterima.

Pengguna bisa memilih ikon reaksi apa pun seperti love, like, dan tersenyum.

3 dari 3 halaman

4. Bisa Langsung Lihat Profil

Pengguna Instagram kini bisa langsung melihat profil temannya di Facebook melalui fitur DM. Hal ini berlaku juga sebaliknya.

Pada kolom chat terdapat keterangan "View Profile", yang ketika diklik maka pengguna akan diarahkan ke laman akun Instagram atau Facebook temannya tersebut.

Selamat mencoba!

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.