Sukses

Sony Ungkap Kemampuan Rahasia Kipas Pendingin di PS5, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Sony dijadwalkan akan merilis konsol PlayStation 5 (PS5) pada 12 November 2020 (di beberapa negara tertentu), dan 19 November 2020 secara global.

Jelang peluncuran konsol baru tersebut, perusahaan asal Jepang itu mengungkap secuil informasi seperti tampilan muka (user interface, UI) yang dimiliki PS5.

Terkini, Sony memutuskan berbagi informasi tentang fungsi sistem pendingin konsol penerus PS4 tersebut.

Dikutip dari GSMArena, Rabu (21/10/2020), PS5 memiliki sistem pendingin yang dapat mengontrol kipas di dalam konsol berdasarkan gim yang dimainkan.

Bagaimana caranya? Sony menyebutkan, kemampuan "pintar" kipas pendingin di konsol ini akan mengandalkan data yang dikumpulkan oleh APU AMD.

Saat gamer menyalakan dan bermain gim, APU konsol mengumpulkan data gim yang sedang dimainkan dan secara dinamis menyesuaikan kecepatan rotasi kipas untuk menjaga PS5 tetap dingin.

 

2 dari 3 halaman

Gulirkan Update Software untuk Kipas di PS5

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

Lebih lanjut, insinyur Sony juga menyebutkan, kipas di PS5 akan bisa disetel dan ditingkatkan kemampuannya lewat update yang digulirkan oleh perusahaan.

Dengan begini, gamer dapat mengandalkan peningkatan secara berkala karena kipas pendingin ini sangat diandalkan bilamana ingin bermain gim di PS5 selama berjam-jam.

Selain pendingin yang lebih besar, APU, dan sensor termal, PlayStation 5 juga menyertakan liquid metal untuk memastikan kontak sempurna antara CPU dan cooler.

 

3 dari 3 halaman

Tanggal Rilis PS5

PS5. (Doc: PlayStation)

Sony akan mulai menjual konsol PS5 pada 12 November 2020 untuk beberapa negara tertentu, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Sementara itu, negara lain di dunia baru akan bisa membeli konsol PS5 pada 19 November. Lalu bagaimana dengan di Indonesia?

Walau belum ada informasi pasti, banyak gamer yang meyakini ketersediaan konsol PS5 secara resmi di Indonesia ini akan tidak terlalu jauh dari 19 November.

Lalu bagaimana dengan harga? PS5 akan mulai dijual seharga USD 499 atau sekitar Rp 7,3 jutaan, sedangkan PS5 Digital Edition senilai USD 399 atau setara Rp 5,9 jutaan.

(Ysl/Isk)