Sukses

Baru Rilis, Amazon Setop Pengembangan Gim Crucible

Liputan6.com, Jakarta - Amazon akhirnya mengumumkan nasib gim AAA besutannya, Crucible. Setelah pertama kali diluncurkan pada Mei lalu, tim pengembang Amazon Game Studios ternyata memutuskan tidak lagi melanjutkan pengembangan gim ini.

Dikutip dari The Verge, Senin (12/10/2020), pengumuman itu dilakukan langsung dari blog resmi pengembang. Padahal, rencana pengembangan gim ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Menurut tim pengembang, keputusan untuk menghentikan pengembangan dilakukan setelah mendapat umpan balik dari para pemain. Untuk diketahui, meski sudah meluncur pada Mei 2020, Crucible kembali menjadi versi closed beta pada Juli tahun ini.

Adapun perubahan status tersebut dilakukan karena pengembang ingin menghapus beberapa mode di dalam gim Crucible. Selain itu, ada beberapa konten yang masih perlu dipoles.

"Kami sangat mengapreasiasi fans yang mendukung upaya kami, dan kami juga senang dengan respons yang diberikan, tapi pada akhirnya kami tidak melihat masa depan yang sehat dan berkelanjutan untuk Crucible," tulis pengembang mengenai alasan dihentikannya pengembangan gim ini.

Untuk sekarang, pemain yang masih memilik akses closed beta, masih dapat memainkan Crucible. Namun waktu yang tersisa memang tidak banyak, sebab pengembang akan menggelar permainan terakhir dalam beberapa minggu ke depan.

Setelah itu, fitur matchmaking akan dimatikan, tapi pemain masih dapat memainkan custom games hingga 9 November 2020. Perusahaan juga menawarkan refund bagi pemain yang sudah melakukan pembelian di Crucible.

2 dari 3 halaman

Rencana Selanjutnya

Adapun rencana selanjutnya untuk tim pengembang Crucible, mereka akan dipindahkan untuk menggarap judul lain dari Amazon Game Studios. Salah satunya adalah New World, gim bergenre MMO selanjutnya dari Amazon.

Tidak berbeda jauh, New World juga memiliki masalah tersendiri. Direncanakan meluncur pada musim semi tahun depan, gim ini sebenarnya sudah mengalami dua kali penundaan.

Selain itu, gim lain yang juga masih menunggu peluncurannya adalah Pac-Man Live Studio. Awalnya, gim ini akan meluncur pada Juni 2020, tapi nyatanya hingga sekarang belum tersedia.

3 dari 3 halaman

Crucible, Gim AAA Gratis Pertama Besutan Amazon Resmi Rilis

Amazon Games akhirnya meluncurkan gim pertama besutannya yang diberi judul Crucible. Sebelumnya, studio ini lebih banyak menggarap gim kecil untuk mobile platform, hingga akhirnya mencoba peruntungan gim AAA di PC.

Dikutip dari Screen Rant, Senin (25/5/2020), Crucible merupakan gim strategi dengan gaya bermain third-person shooter. Gim ini mengusung gameplay serupa Overwatch yang dipadukan dengan gim MOBA seperti League of Legends.

Hal itu ditunjukkan dengan beragam karakter yang masing-masing memiliki kemampuan maupun gaya bermain berbeda. Nantinya, para karakter yang dipanggil Hunters tersebut akan bermain untuk menyelesaikan sejumlah objektif tergantung mode permainan.

Crucible sendiri sudah tersedia di Steam dan dapat diunduh secara gratis. Meski mengusung gameplay mirip dengan gim serupa, ada beberapa perbedaan yang dihadirkan di gim ini.

Salah satunya adalah para pemain diberi kemampuan untuk memilih muatan termasuk kemampuan yang digunakan para Hunters sebelum berperang. Jadi, pemain dimungkinkan untuk melakukan personalisasi karakter mereka sejak awal, alih-alih di tengah pertarungan.

(Dam/Ysl)