Sukses

Setelah 10 Tahun, Tampilan Wikipedia Versi Desktop Akhirnya Dapat Penyegaran

Liputan6.com, Jakarta - Tampilan keseluruhan Wikipedia di desktop akan mengalami perubahan untuk pertama kalinya dalam satu dekade (10 tahun), sehingga membuat situs ini lebih memikat pengguna baru.

Kamu dapat menelusuri semua fitur baru yang diusulkan dalam posting-an di MediaWiki dan ada beberapa GIF animasi untuk menunjukkan seperti apa tampilannya.

Sidebar yang bisa 'dilipat' akan menjadi perubahan pertama yang diluncurkan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menutup menu di sisi kiri setiap halaman, untuk meminimalkan gangguan, serta membatasi konten dan link yang tidak relevan di kiri layar.

Dilansir The Verge, Jumat (25/9/2020), Wikipedia bakal menambahkan tombol sekali klik yang mudah untuk mengganti bahasa halaman yang dibaca penggguna.

Juga akan menambahkan perbaikan pada alat pencarian dalam situs untuk mempermudah menemukan halaman lain dan akan mengkonfigurasi ulang logo agar lebih kecil di setiap halaman Wikipedia.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Baru Bisa Dicoba Sebelum Diluncurkan

Wikimedia Foundation, perusahaan induk situs tersebut, mengumumkan dalam blog resminya bahwa perubahan akan terjadi 'secara bertahap dalam jangka waktu lama'.

Tujuannya agar pengguna bisa menguji fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi. Rencananya, seluruh tampilan versi desktop Wikipedia akan berubah pada akhir tahun 2021.

Sayangnya, tidak disebutkan apakah versi seluler akan kebagian tampilan baru yang sama atau tidak.

3 dari 3 halaman

Hasil Pencarian di Facebook Search Bakal Didukung Wikipedia

Di samping itu, Facebook tengah menguji coba sebuah fitur baru yang bertujuan membuat pengguna kian betah berada di platform mereka.

Fitur yang dimaksud adalah, informasi Wikipedia nantinya akan ditampilkan pada hasil pencarian yang dilakukan pengguna di platform Facebook.

Mengutip Tech Crunch, Jumat (12/6/2020), Facebook menyebut dengan integrasi ini, pencarian di Facebook bisa menampilkan informasi faktual terkait topik seperti tokoh masyarakat, tempat, minat, seperti film dan acara TV.

Misalnya ketika pengguna mengetik judul film pada kolom pencarian, Facebook akan menampilkan informasi detail mengenai film yang dicari.

Informasi ini berasal dari seluruh info yang tersedia secara umum, termasuk dari Wikipedia.

Hasil pencarian di kolom Facebook Search (Foto: TechCrunch)

Uniknya, alih-alih mengharuskan pengguna untuk mengklik Facebook untuk melihat informasi tersebut, hasil pencarian ditampilkan di panel samping di sebelah hasil pencarian.

(Isk/Why)