Sukses

Hasil Pencarian di Facebook Search Bakal Didukung Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta - Facebook tengah menguji coba sebuah fitur baru yang bertujuan membuat pengguna kian betah berada di platform mereka.

Fitur yang dimaksud adalah, informasi Wikipedia nantinya akan ditampilkan pada hasil pencarian yang dilakukan pengguna di platform Facebook.

Mengutip Tech Crunch, Jumat (12/6/2020), Facebook menyebut dengan integrasi ini, pencarian di Facebook bisa menampilkan informasi faktual terkait topik seperti tokoh masyarakat, tempat, minat, seperti film dan acara TV.

Misalnya ketika pengguna mengetik judul film pada kolom pencarian, Facebook akan menampilkan informasi detail mengenai film yang dicari.

Informasi ini berasal dari seluruh info yang tersedia secara umum, termasuk dari Wikipedia.

Hasil pencarian di kolom Facebook Search (Foto: TechCrunch)

Uniknya, alih-alih mengharuskan pengguna untuk mengklik Facebook untuk melihat informasi tersebut, hasil pencarian ditampilkan di panel samping di sebelah hasil pencarian.

2 dari 3 halaman

Diuji di Facebook versi iOS, Mobile Web, dan Desktop

Format ini mirip dengan Knowledge Panel yang digunakan Google untuk jenis pencarian yang serupa.

Pihak Facebook mengkonfirmasi, fitur ini merupakan program percobaan yang tengah berjalan dalam bahasa Inggris di Facebook versi iOS, desktop, dan mobile web.

Facebook Search ini juga akan mengarahkan pengguna langsung ke fitur-fitur Facebook. Misalnya ketika pengguna mencari Covid atau Covid-19, mereka akan diarahkan ke laman bantuan milik Facebook, bukan dari informasi lainnya.

3 dari 3 halaman

Pencarian Lain-Lain

Sementara, pencarian untuk gim populer 'Animal Crossing' akan diarahkan ke Facebook Page milik Animal Crossing dan gim lain di Facebook Gaming.

Jadi bisa dibilang, jangan dulu berharap hasil pencarian akan selalu mengarahkan ke orang atau tempat, atau hal-hal lain yang kita cari di seperti pada Google Search.

(Tin/Ysl)