Sukses

Peran Kecerdasan Buatan dalam Artikel Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti di MIT (Massachusetts Institute of Technology) mengembangkan kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI) untuk memperbarui artikel Wikipedia yang sudah lama secara otomatis.

Gagasan untuk mengelola artikel Wikipedia menggunakan bot sebenarnya bukan hal baru, namun karena sebagian besar cenderung mengandalkan template, dengan kecerdasan buatan artikel dapat ditulis ulang dengan mendengarkan manusia.

"Banyak yang harus diperbarui secara terus menerus oleh Wikipedia, daripada memerlukan ratusan orang untuk memodifikasi setiap artikelnya," kata Darsh Shah, salah satu peneliti dari MIT, mengutip laman Ubergizmo, Senin (17/2/2020).

Ia menambahkan, lebih baik dibantu dengan kecerdasan buatan yang bisa melalukannya secara otomatis.

Perubahan artikel dengan menggunakan kecerdasan buatan diklaim Wikipedia tidak akan mengubah fakta yang ada. Data yang disajikan merupakan yang terbaru dengan sumber terpercaya.

 

2 dari 3 halaman

Warga Turki Bisa Akses Wikipedia setelah 2 Tahun Pemblokiran

Sebelumnya, ensiklopedia online Wikipedia kembali bisa diakses di Turki. Negara ini sebelumnya 2 tahun memblokir Wikipedia, sehingga masyarakat Turki tak bisa mengaksesnya.

Laporan The New York Post menyebut, pembukaan blokir terhadap Wikipedia dilakukan atas perintah Pengadilan Konstitusional Turki yang menentang pemblokiran ini.

Mengutip laman The Verge, Sabtu (18/1/2020), pada bulan Desember lalu, pengadilan menemukan pemblokiran Wikipedia melanggar kebebasan berekspresi dan aturan undang-undang. Pengadilan menyebut, pemblokiran Wikipedia tidak berdasarkan konstitusi.

Opini dari pengadilan itu kemudian dipublikasikan pada Rabu ini. Beberapa jam kemudian, akses terhadap Wikipedia dibuka.

Wikimedia Fondation sebagai pengelola situs Wikipedia sebelumnya sudah mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi Turki pada 2017.

"Kami sangat senang bisa terhubung kembali dengan orang-orang Turki," kata Direktur Eksekutif Wikimedia Katherine Maher dalam pernyataannya.

Maher menambahkan, Wikipedia berkomitmen untuk melindungi hak fundamental setiap orang untuk mengakses informasi.

3 dari 3 halaman

Diblokir Pada April 2017

"Kami sangat senang bisa berbagi momen penting ini dengan komunitas kontributor Turki demi kepentingan orang-orang yang mencari pengetahuan, di mana pun," katanya.

Sekadar informasi, pemerintah Turki memblokir Wikipedia pada April 2017. Pemblokiran dilakukan setelah Wikipedia menolak permintaan pemerintah untuk menghapus konten tertentu terkait pemerintah yang memberi dukungan ke kelompok militan dan teroris.

Selanjutnya, alamat IP asal Turki tidak bisa mengunjungi Wikipedia dalam bahasa apa pun. Pemblokiran ini dianggap larangan paling ketat di dunia.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)