Sukses

Google Umumkan Android 11 untuk Android TV, Ini Deretan Fitur Barunya

Meski sama-sama Android 11, pembaruan untuk Android TV sedikit berbeda dari versi yang ditujukan ke perangkat mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kehadiran Android 11 untuk Android TV. Pengumuman ini dilakukan menyusul diluncurkannya Android 11 untuk perangkat mobile sekitar dua minggu lalu.

Meski sama-sama Android 11, pembaharuan yang hadir untuk Android TV ini sedikit berbeda dari perangkat mobile. Mengingat ini ditujukan untuk kebutuhan smart TV, fokus pembaharuan ditujukan untuk keperluan memutar video atau hiburan.

Kendati demikian, seperti dikutip dari Android Central, Rabu (23/9/2020), beberapa fitur inti Android 11 akan hadir di Android TV. Beberapa di antaranya manajemen memori yang ditingkatkan maupun fitur keamanan yang diperbarui.

Sementara untuk fitur lain, Android 11 untuk Android TV kini mendukung auto low latency dan low latency media decoding. Lalu, ada dukungan untuk tuner framework baru dengan Media CAS dan ekstensi untuk implementasi HAL dari HDMI CEC.

Peningkatan juga dilakukan untuk dukungan gamepad di sistem operasi anyar ini. Hal ini disebut menunjukkan upaya Google untuk memberikan fokus lebih untuk layanan Stadia di TV.

Terakhir, Google juga memungkinkan mode baru untuk uji coba bagi para pengembang. Dengan mode anyar ini, pengembang aplikasi dapat menguji coba aplikasi yang dibuatnya secara langsung ke Android TV dalam waktu lebih cepat.

Namun perlu diingat, Android 11 saat ini belum digulirkan ke Android TV. Google mengatakan kini tengah bekerja sama dengan para rekanan untuk menghadirkannya dalam beberapa bulan ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Resmi Luncurkan Android 11

Google akhirnya secara resmi meluncurkan update untuk sistem operasi (operating system, OS) buatannya, yakni Android 11.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Android 11 akan meluncur lebih dulu untuk perangkat Google Pixel, seperti seri Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3A, Pixel 4, dan Pixel 4A.

Selain seri Pixel, Android 11 juga bisa diunduh untuk ponsel OnePlus, Oppo X2 dan Reno 3 melalui program open beta mereka masing-masing, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (9/9/2020).

Google mengatakan, Android 11 akan meluncur ke lebih banyak mitra vendor dan smartphone lain dalam beberapa bulan mendatang.

Sayang, perusahaan tidak mengungkap tanggal pasti kapan Android 11 ini akan meluncur secara global.

Android 11 sendiri hadir dengan sejumlah fitur baru, walaupun secara keseluruhan, update kali ini tidak terlalu fokus pada fungsionalitas baru.

Akan tetapi, raksasa mesin pencari itu lebih fokus pada pengalaman pengguna mengoptimalkan kemampuan smartphone lewat Android 11 ini.

3 dari 3 halaman

Fitur Baru di Android 11

Salah satu perubahan besar yang hadir di Android 11 adalah bagaimana Google mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesanan ke bagian mereka sendiri.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan bubble interface serupa dengan Facebook Messenger sehingga lebih mudah diakses.

Fitur lain yang juga Google tambahkan, termasuk kendali media baru, tampilan screenshot yang baru, dan menu kendali smart home (dapat diakses dengan menekan lama tombol power).

Selain itu, perusahaan juga kini memperkenalkan pengaturan permission (izin) yang lebih ketat, dan masih banyak lagi.

Meski Android 11 juga tersedia di beberapa ponsel di pasaran saat ini, Google tetap sejumlah fitur eksklusif untuk perangkat Pixel mereka.

Adapun fitur tersebut, termasuk AR-location, fungsi Google Smart Reply yang terintegrasi di Gboard ke lebih banyak aplikasi chatting, dan folder pintar.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini