Sukses

Layanan Pembayaran ShopeePay Resmi Dirilis, Jangkau 500 Kota-Kabupaten di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Shopee akhirnya merilis fitur layanan e-money terintegrasi ShopeePay di Indonesia. Kehadiran ShopeePay ini lantaran Shopee melihat potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Pasalnya, 76 persen transaksi yang masih dilakukan secara tunai.

Apalagi, kondisi pandemi Covid-19 saat ini kian mengakselerasi layanan digital seperti e-commerce dan pembayaran digital karena mengedepankan fitur contactless yang sesuai dengan anjuran Bank Indonesia.

ShopeePay yang sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sendiri, berhasil mencatatkan pertumbuhan pesat meski di tengah kondisi pandemi. Berdasarkan data dari YouGov tentang jasa keuangan, ShopeePay sudah masuk ke jajaran layanan uang elektronik dengan pertumbuhan yang paling pesat sejak Maret 2020.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, diluncurkannya ShopeePay, memperkuat komitmen pihaknya untuk berkontribusi aktif terhadap pertumbuhan e-commerce dan e-payment, untuk menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Sejalan dengan upaya kami dalam merevitalisasi perekonomian digital Indonesia, ShopeePay memiliki visi untuk mewujudkan dan mempercepat inklusi keuangan di Indonesia," tutur Eka, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (26/8/2020).

Sepanjang kehadirannya, ShopeePay mencatat beberapa capaian, di antaranya adalah pertumbuhan transaksi offline 6 kali lipat dalam beberapa bulan terakhir.

2 dari 3 halaman

Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Selain itu, ShopeePay disebut telah hadir di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia, guna mendorong inklusi keuangan, terutama di kota-kota kecil. Apalagi, transaksi di luar Jabodetabek meningkat lebih dari 8x dalam beberapa bulan terakhir.

Sejauh ini, ShopeePay bekerja sama dengan ratusan ribu merchant di Indonesia dari berbagai kategori, dari makanan dan minuman, fashion, ritel, layanan logistik, hingga beragam merchant online dan donasi.

Capaian lain adalah, fitur transfer ShopeePay mencatat peningkatan 5x lipat dalam beberapa bulan terakhir.

Data Shopee juga menyebut, 45 persen pesanan di Shopee Indonesia dibayar menggunakan ShopeePay.

3 dari 3 halaman

Promo dan Kampanye

ShopeePay sendiri menghadirkan program kampanye Semua Rp 1 yang berlangsung selama empat minggu dari tanggal 18 Agustus - 9 September 2020.

Program ini merupakan kampanye terbesar ShopeePay sejak diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia untuk membangkitkan semangat positif dan meningkatkan antusiasme masyarakat di era new normal ini.

ShopeePay menghadirkan jutaan voucher potongan harga yang disediakan untuk seluruh masyarakat yang diharapkan dapat mendorong penetrasi adopsi transaksi digital.

Program ini tersedia di fitur Deals Sekitarmu yang terintegrasi di aplikasi Shopee, fitur inovasi O2O (online-to-offline) ShopeePay yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses voucher diskon dan cashback yang sesuai lokasi terdekat para pengguna.

Sejumlah brand ikut serta dalam program kampanye ini, antara lain adalah McDonald’s, Burger King, Excelso, Kopi Kenangan, Alfamart, Superindo, Ramayana, dan berbagai merchant lainnya.

(Tin/Isk)