Sukses

Transaksi Nontunai Dorong Konsumsi Masyarakat saat Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran Covid-19 mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Pasalnya, masyarakat harus beraktivitas dari dalam 5 bulan terakhir.

Akibatnya, terjadi penurunan transaksi ekonomi. Bahkan, Kementerian Keuangan memprediksi konsumsi rumah tangga akan mengalami pelemahan dari 3 persen ke 0 persen.

Fitur uang elektronik ShopeePay pun diyakini membuat konsumsi masyarakat meningkat.

Sebelunya, ShopeePay telah bekerja sama dengan Alfamart untuk pembayaran dan top-up di 14.616 gerai Alfamart di seluruh Indonesia di awal tahun ini.

Dalam keterangan yang diterima, Minggu (2/8/2020), ShopeePay mencatatkan penjualan voucher Alfamart lewat fitur ‘Deals Sekitarmu’ yang hingga lebih dari 300.000 voucher.

Lewat fitur ini, tingkat konsumsi dan antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan platform digital pun meningkat. Hal ini terlihat dari transaksi pembayaran ShopeePay di Alfamart yang naik hingga 27x.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap program ini membuat ShopeePay dan Alfamart menghadirkan kembali program voucher cashback hingga 60 persen di fitur ‘Deals Sekitarmu’. Fitur ini bisa diakses dari aplikasi Shopee.

2 dari 3 halaman

Aktif ke Gerai Alfamart

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman, menyampaikan, kerja sama dengan ShopeePay terbukti membuat konsumen aktif ke gerai-gerai Alfamart. "Di saat yang bersamaan juga mempermudah pembayaran digital dan top-up ShopeePay," katanya.

Alfamart pun menganjurkan konsumen melakukan pembayaran dengan cara cashless seperti ShopeePay di masa pandemi. Hal ini menjadi salah satu cara belanja yang meminimalisasi resiko penyebaran Covid-19 di gerai-gerai Alfamart.

“Kami harap dengan program bersama ShopeePay lewat fitur Deals Sekitarmu, dapat membantu dan memudahkan para pengunjung kami dalam mengakses dan bertransaksi di Alfamart,” terang Nur Rachman.

Sementara itu, Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, ShopeePay berkomitmen menghadirkan inovasi pembayaran yang mudah, aman, dan efisien, terutama di Alfamart.

Pasalnya, Alfamart merupakan tempat yang dekat dan akrab dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia.

3 dari 3 halaman

Tentang ShopeePay

"Sejalan dengan perkembangan ShopeePay, kami ingin membawa para merchant untuk berkembang bersama kami dan meningkatkan jumlah pengunjung dengan memanfaatkan fitur Deals Sekitarmu," tuturnya.

ShopeePay, kata Cindy, saat ini sudah dekat dengan kebiasaan berbelanja para pengguna dan mudah digunakan oleh pelanggan.

Sekadar informasi, fitur ‘Deals Sekitarmu’ adalah fitur O2O (online-to-offline) yang memungkinkan para pengguna untuk dapat membeli voucher diskon dan cashback secara online, yang kemudian bisa digunakan secara offline sesuai dengan lokasi terdekat para pengguna.

Di dalam fitur ‘Deals Sekitarmu’, para pengguna dapat menemukan penawaran menarik dari berbagai merchant ShopeePay, termasuk Alfamart. Dengan begitu, diharapkan fitur ini bisa membantu meningkatkan konsumsi masyarakat secara keseluruhan.

ShopeePay sendiri bisa digunakan di berbagai merchant offline dan online, serta terintegrasi dengan aplikasi Shopee.

(Tin/Isk)