Sukses

WhatsApp Uji Coba Fitur Satu Akun Bisa untuk 4 Perangkat Sekaligus

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tengah menguji coba kemampuan penggunaan satu akun di beberapa perangkat.

Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, pada versi terbaru WhatsApp beta untuk Android, WhatsApp menguji coba kemungkinan satu akun akan bisa dioperasikan dari 4 perangkat sekaligus, termasuk di komputer Mac.

Mengutip laman MacRumors, Jumat (31/7/2020), menurut bocoran, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan kode verifikasi untuk login akun mereka ke perangkat tambahan.

Sayangnya, belum jelas bagaimana cara kerja kode verifikasi ini dari perspektif keamanan.

Sejauh ini WhatsApp mensyaratkan satu nomor telepon untuk ditautkan ke smartphone. Meski kemudian pengguna bisa menghubungkan perangkat tersebut ke WhatsApp versi desktop, pengguna tidak bisa memakai akun yang sama di smartphone lain tanpa memindahkan nomor.

2 dari 3 halaman

Tentang WhatsApp

Oleh karenanya, jika pengguna kehilangan nomor telepon itu, pengguna otomatis akan kehilangan akun WhatsApp mereka.

Namun hal tersebut kemungkinan bisa saja berubah. Pasalnya, berdasarkan screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, antarmuka Linked Device (perangkat yang terhubung) yang tengah diuji mirip dengan cara pengguna menautkan akun mereka ke WhatsApp Web.

Saat ini, fitur multi perangkat ini masih tersembunyi dalam versi beta, sehingga belum ada yang bisa memakainya.

Belum diketahui juga apakah fitur ini akan diumumkan dalam program beta selanjutnya atau akan dirilis secara publik di iPhone. Bahkan, bisa juga setelah pengujian malah WhatsApp tak menghadirkan fitur multi perangkat karena hasil uji dianggap tidak layak.

3 dari 3 halaman

WhatsApp Multiperangkat Sudah Dinanti Sejak Lama

Kabar tentang kemungkinan WhatsApp bisa dipakai di multiperangkat sudah lama berhembus. 

Awal Juni lalu, dalam twitnya, WABetaInfo menyebutkan, fitur dukungan multiperangkat (multi-device) WhatsApp ini kemungkinan hadir dalam beberapa bulan mendatang.

"Mulai saat ini, WhatsApp mulai menguji coba sejumlah fitur secara internal. Salah satunya adalah fitur multiperangkat," kata WABetaInfo dalam twitnya.

WABetaInfo juga menyebut, nantinya versi terbaru WhatsApp akan menginformasikan daftar perangkat, baik smartphone atau tablet, yang telah disinkronkan dengan akun WhatsApp tertentu.

Aplikasi untuk iPad

Selain itu, bisa jadi WhatsApp bakal segera merilis sebuah aplikasi khusus untuk iPad.

Pasalnya saat ini, satu-satunya cara menggunakan WhatsApp di iPad adalah dengan menggunakan bersamaan dengan iPhone dan meluncurkan layanan WhatsApp di browser, seperti WhatsApp Web.

(Tin/Why)