Sukses

Sony Janjikan Perubahan Tampilan yang Berbeda di PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony telah resmi memperlihatkan generasi terbaru dari PlayStation, yakni PS5 beberapa waktu lalu. Meski belum ditampilkan secara utuh, tampilan PS5 telah memperlihatkan perubahan desain yang cukup drastis dari pendahulunya.

Namun tidak hanya dari sisi konsol, Sony juga menyiapkan perubahan dari sisi software. Tidak tanggung-tanggung, perubahan yang diusung Sony disebut akan sangat berbeda.

Menurut VP UX Design PlayStation, Matt MacLaurin, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (16/6/2020), tampilan antarmuka PS5 merupakan evolusi dari sistem operasi di PS. Dia menyebut tampilan ini 100 persen berbeda dari PS4.

"Tampilan antarmuka memang mengedepankan sisi praktis lebih dulu, tapi kali ini kami juga membawa bahasa visual baru dan mengubah seluruhnya tampilan antarmuka," tulis Matt melalui akun LinkedIn-nya.

Matt menuliskan dia bersama tim akan mengungkap tampilan sistem operasi baru ini dalam waktu dekat. Sebelumnya, Sony sempat membocorkan sedikit tampilan sistem operasi anyar ini dalam acara perkenalan PS5 pekan lalu.

Pendekatan Sony di PS5 ini berbeda dari yang Microsoft lakukan pada Xbox Series X. Microsoft mengatakan hanya akan fokus pada optimisasi dashboard Xbox One, sehingga tidak banyak perubahan tampilan.

2 dari 3 halaman

Sony Resmi Ungkap Konsol PS5, Ini Bentuknya

Sony akhirnya secara resmi memperlihatkan bentuk konsol gim terbaru mereka, yakni PlayStation 5 (PS5).

Dalam acara live streaming bertajuk PS5 - The Future of Gaming pada hari ini, Jumat (12/6/2020), Sony menyibak tabir misteri penampilan konsol penerus PS4 tersebut.

Dari tampilan, PS5 tampil dengan bentuk yang futuristik, unik, dan berbeda dari desain konsol milik Sony sebelumnya.

Sayang, perusahaan asal Jepang tersebut tidak mengungkap berapa harga PS5 saat meluncur di pasaran pada musim liburan 2020 nanti.

 

3 dari 3 halaman

Dua Versi PS5

Salah satu kejutan terbesar pada acara ini adalah penampakan konsol PS5 digital edition.

Sesuai dengan namanya, konsol PS5 digital edition ini tidak memiliki optical disc drive sehingga hanya bisa digunakan bermain gim-gim digital atau yang sudah diunduh dari PS Store.

Hal ini karena Sony menghilangkan optical disc drive yang biasa digunakan untuk bermain gim fisik.

Lebih lanjut, Sony belum mengungkap lebih detail tentang kapasitas penyimapanan untuk konsol PS5 digital edition ini.

Berhubung hanya bisa memainkan gim secara digital, wajar bila Sony menyertakan konsol digital edition ini memiliki SSD dengan kapasitas yang lebih besar dari versi standarnya.

Informasi, PS5 akan disertakan SSD berkapasitas 825GB.

(Dam/Isk)