Sukses

Facebook Uji Coba Messenger Rooms di WhatsApp Web

Liputan6.com, Jakarta - Facebook merilis layanan video conference bernama Messenger Rooms pada bulan lalu.

Messenger Rooms merupakan jawaban dari tingginya permintaan atas layanan video conference, seiring dengan kebijakan lockdown di berbagai belahan dunia.

Ketika peluncurannya, Facebook menyebut, Messenger Rooms juga akan hadir di platform lain, salah satunya WhatsApp.

Sebelumnya, fitur ini tengah diuji cobakan di versi beta WhatsApp pada Android.

Namun berdasarkan informasi terbaru, sebagaimana dikutip laman Live Mint, Senin (11/5/2020), Messenger Rooms tengah diuji coba di WhatsApp Web.

Menurut WABetaInfo, fitur Messenger Rooms ini telah tersedia di sejumlah pengguna WhatsApp terpilih.

Kendati demikian, fungsionalitasnya masih belum tersedia, pasalnya aplikasi WhatsApp masih mengembangkannya bersama Facebook.

2 dari 3 halaman

Pintasan Rooms di WhatsApp Web

WABetaInfo juga mengklaim mereka sempat melihat ada pintasan Messenger Rooms di WhatsApp Web. Opsi ini pertama terlihat pada tab attachment (gambar peniti).

Ketika pengguna mau membuat room di WhatsApp, aplikasi akan menanyakan konfirmasi apakah pengguna mau masuk ke Messenger untuk membuat room.

Fitur ini kabarnya hadir di WhatsApp Web versi 2.2019.6.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Messenger Rooms

Sekadar informasi, untuk memakai Messenger Rooms, orang-orang yang mau membuat panggilan video conference bisa membuat room di Messenger atau Facebook.

Selanjutnya mereka bisa mengundang siapapun untuk bergabung melalui tautan yang diberikan.

Uniknya, mereka yang ingin bergabung dengan panggilan video conference ini tak perlu memiliki akun Facebook. Perusahaan menyebut, panggilan video ini bisa mengakomodasi hingga 50 partisipan.

Tuan rumah bisa mengundang partisipan melalui News Feed, Grup, ataupun Events. Perusahaan juga mengumumkan bahwa tuan rumah bisa membuat room untuk Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

(Tin/Isk)