Sukses

Facebook Gaming Buka Kesempatan Kreator Konten Gim Purnawaktu

Mengingat Facebook Gaming memungkinkan kreator konten gim purnawaktu, monetisasi menjadi salah satu fokus utama.

Liputan6.com, Jakarta - Konten gaming tidak dimungkiri menjadi salah satu kategori yang banyak dicari di Facebook. Data terbaru menunjukkan lebih dari 700 juta orang berinteraksi dengan konten gaming di Facebook setiap bulannya.

Dari data Maret 2020 itu diketahui, ada 160 juta pengguna aktif setiap bulan di 450 ribu grup di Facebook. Hal itu membuat grup gaming menjadi salah satu komunitas terbesar dan paling aktif di Facebook.

Melihat pertumbuhan itu, Facebok pun membangun sebuah platform yang diberi nama Facebook Gaming. Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan komunitas gim terhubung satu sama lain, melalui konten siaran langsung maupun grup di dalamnya.

Menurut Head of Southeast Asia APAC Games Partnership Facebook Michael Rose, Facebook Gaming juga sekaligus membuka kesempatan bagi kreator konten gim melakukan aktivitas ini secara purnawaktu (full time). Untuk itu, monetisasi menjadi hal penting dalam platform ini.

Michael mengatakan Facebook Gaming memiliki tiga cara monetisiasi untuk para kreatornya. Pertama melalui iklan, lalu ada in platform purchase yang diberi nama Stars, dan fitur dukungan dari fans.

"Untuk iklan, kami mendukung beberapa jenis iklan yang dapat digunakan para kreator. Kami juga mengembangkan sejumlah tipe iklan agar monetisasinya dapat berkembang," tutur Michael lebih lanjut.

Sementara untuk Stars, cara ini memungkinkan penonton membeli sejumlah Stars di Facebook Gaming, lalu item itu dapat diberikan pada kreator saat mereka melangsungkan siaran langsung. Nantinya, Stars yang dikumpulkan para kreator dapat diuangkan.

"Stars ini dapat menjadi cara fans menunjukkan dukungannya pada para kreator," ujarnya.

Terakhir, ada Fans Support yang memungkinkan penonton membayar biaya langganan untuk kreator favoritnya, dan sebagai gantinya mereka dapat mengakses sejumlah konten khusus dari kreator terebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cakupan Facebook Gaming Lebih Luas

Menyoal perbedaan dari layanan serupa, Michael menuturkan Facebook Gaming mengikuti misi Facebook sebagai perusahaan, yakni menghubungkan banyak orang. Karenanya, Facebook Gaming fokus pada membangun komunitas.

"Kami ingin membangun komunitas kreator. Jadi, kami juga kerap menggelar acara offline maupun online untuk menghubungkan kretor dan para penggemarnya," ujar Michael menjelaskan.

Menurutnya, Facebook juga sudah mencurahkan banyak sumber daya untuk membangun komunitas gim di platform ini. Hal lain yang juga menjadi pembeda adalah Facebook Gaming berbasis pada media sosial Facebook yang juga sudah memiliki komunitas sendiri.

"Jadi, kreator yang bergabung dengan Facebook Gaming dan menjadi partner, video mereka itu akan tersebar di seluruh pengguna Facebook juga, tidak hanya di kalangan gamer," tutur Michael.

Dengan hal itu, jangkauan konten di layanan ini dapat lebih luas, termasuk mencakup penonton yang non-gamer, tapi suka menonton konten gim. Selain itu, Facebook juga menawarkan banyak cara bagi penonton untuk menonton konten gim, mulai dari aplikasi Facebook Gaming maupun aplikasi Facebook biasa. 

3 dari 3 halaman

Alasan Facebook Gaming Kini Jadi Aplikasi Mandiri di Smartphone

Beberapa waktu lalu, Facebook akhirnya mengumumkan kehadiran aplikasi gaming untuk smartphone. Aplikasi ini sebenarnya merupakan versi mandiri dari Facebook Gaming yang terpisah dari platform utama raksasa media sosial tersebut.

Oleh sebab itu, aplikasi ini menghadirkan sejumlah fitur utama yang ada di Facebook Gaming, seperti menyaksikan deretan konten gim dari para kreator atau masuk dalam sejumlah grup.

Selain fitur tersebut aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk langsung menyiarkan gim yang sedang dimainkan langsung dari smartphone mereka. Dengan sejumlah fitur serupa, lantas apa alasan Facebook membuat aplikasi terpisah?

Menurut Head of Southeast Asia APAC Games Partnership Facebook Michael Rose, aplikasi Facebook Gaming hadir untuk memudahkan para penggila konten gim guna menemukan konten yang mereka cari.

Seperti diketahui, Facebook Gaming biasanya diakses melalui tab khusus yang ada di aplikasi atau situs web Facebook. Namun dengan aplikasi ini, mereka dapat langsung mengakses konten gim secara langsung, tidak perlu lewat platform utama.

"Kami ingin membedakannya, sehingga para gamer bisa menemukan konten gaming secara lebih mudah. Mereka pun bisa merasakan pengalaman berbeda melalui aplikasi ini," tuturnya saat sesi Facebook Live, Jumat (8/5/2020).

Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini, mereka dapat mengakses beragam fitur secara lebih optimal, mulai dari memainkan instant game hingga bergabung dalam komunitas.

"Dengan kehadiran aplikasi ini, kami juga berencana untuk menghadirkan sejumlah hal baru di dalamnya," tutur Michael menjelaskan.

Meski ada di aplikasi terpisah, tab Facebook Gaming masih akan dipertahankan dan keduanya akan saling melengkapi.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.