Sukses

Chipset MediaTek Terbaru Bikin Gaming di Smartphone Makin Ngebut

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, MediaTek memperkenalkan chipset mobile terbarunya, Helio G85. Chipset ini fokus pada kemampuan mobile gaming.

Helio G85 mengedepankan GPU 1GHz dan peningkatan HyperEngine untuk kinerja gaming yang lebih lancar di perangkat mobile.

Meski diklaim punya kinerja tinggi saat smartphone dipakai ngegim, MediaTek menyebut, penggunaan daya bisa lebih lama.

MediaTek juga membawa fitur kamera AI yang lebih baik, integrasi Voice Wakeup untuk meminimalisasi penggunaan daya, informasi lokasi lebih akurat, serta konektivitas SIM 4G ganda yang lebih cepat.

Assistant General Manager Wireless Business Unit MediaTek Yenchi Lee mengatakan, kehadiran chipset Helio G85 dimaksudkan untuk memberi lebih banyak opsi bagi vendor dalam menawarkan smartphone berpengalaman gaming mumpuni.

"Helio G85 memberikan kombinasi kinerja tinggi, konsumsi daya minimal, dan rangkaian peningkatan gaming lainnya. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati permainan yang lancar dan cepat," kata Lee, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (10/5/2020).

Helio G85 sendiri memiliki GPU Arm Mali-G52 berkecepatan maksimal 1GHz, HyperEngine buatan MediaTek yang membuat nilai benchmark Manhattan hingga 25fps, CPU delapan inti yang terdiri dari prosesor Arm Cortex-A75 berkecepatan 2GHz, serta enam prosesor Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz.

2 dari 3 halaman

Teknologi HyperEngine

MediaTek HyperEngine menggabungkan berbagai teknologi untuk meningkatkan pengalaman gaming keseluruhan dengan memungkinkan kinerja berkelanjutan dan permainan lebih lama.

Dengan fitur-fitur optimalisasi kinerja dari HyperEngine, gamers bisa mengharapkan kinerja lebih lancar di mesin-mesin gim yang berat, situasi-situasi yang berat, dan permainan yang intens.

Caranya, chipset akan melakukan pengelolaan dinamis cerdas dari CPU, GPU dan memori menurut pengukuran aktif dari faktor-faktor daya, thermal dan permainan.

Selain itu, peningkatan-peningkatan konektivitas dari G85 menghasilkan waktu respon yang lebih cepat tantara smartphone dan menara BTS, menyediakan konektivitas yang lebih handal.

Pengguna bisa menunda panggilan ketika bermain tanpa kehilangan koneksi data.

3 dari 3 halaman

Berbagai Fitur Andalan

Sejumlah fitur tambahan dari chipset MediaTek Helio G85 antara lain adalah:

1. Kamera AI: Chipset ini meningkatkan kinerja tugas-tugas kamera AI seperti pengenalan obyek (Google Lens), album foto cerdas, deteksi pemandangan dan segmentasi dengan penghilangan latar belakang, dan juga peningkatan pemotretan bokeh

2. Smartphone Multi-Kamera: Helio G85 mampu mendukung kinerja multi-kamera pada perangkat. MediaTek menyebut, vendor smartphone bisa merancang smartphone dengan campuran mana pun dari wide angle, telescopic, makro dan ukuran sensor hingga 48MP.

Selain itu, Helio G85 memiliki berbagai akselerator perangkat keras, termasuk mesin kedalaman perangkat keras untuk pengambilan gambar bokeh kamera-ganda, dan lain-lain. Chipset ini juga mampu melakukan perekaman ultra-cepat hingga 240fps.

3. Voice Wakeup (VoW) Terintegrasi: Helio G85 ini memiliki kemampuan VoW terintegrasi yang meminimalkan daya, ke dalam sistem operasi Android seperti Google Assistant yang selalu tersedia.

4. Navigasi Inersial: Teknologi ini menyediakan lokasi akurat, di mana pun lokasi pengguna seperti di bawah tanah, mengendara di terowongan atau tempat lainnya ketika layanan GNSS tidak tersedia.

5. SIM 4G Ganda: Dengan dukungan untuk SIM 4G ganda, chipset ini menyediakan kualitas panggilan suara dan video luar biasa lewat layanan-layanan VoLTE/ViLTE, sekaligus memungkinkan waktu pengaturan koneksi yang lebih cepat, cakupan yang lebih handal dan konsumsi daya lebih rendah di koneksi SIM mana pun.

(Tin/Isk)