Sukses

Facebook Gaming Kini Jadi Aplikasi Mandiri di Android

Facebook Gaming kini akhirnya rilis sebagai aplikasi mandiri di platform mobile, setelah sebelumnya tampil di situs web dan di dalam aplikasi Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akhirnya mengumumkan aplikasi khusus gaming untuk smartphone. Kehadiran aplikasi ini lebih dari perkiraan, sebab laporan sebelumnya menyebut aplikasi ini baru akan rilis akhir 2020.

Dikutip dari PC Gamer, Rabu (21/4/2020), aplikasi ini sebenarnya merupakan Facebook Gaming, yang sebelumnya sudah hadir dalam bentuk situs web maupun aplikasi utama Facebook.

Namun kini perusahaan membuatnya terpisah sebagai aplikasi mandiri di smartphone. Fungsi Facebook Gaming versi aplikasi mandiri ini pun tidak berbeda dari layanan sebelumnya, yakni platform gamer menyiarkan permainannya.

Oleh sebab itu, banyak yang menyebut platform ini dapat pesaing Twitch, Mixer dan YouTube. Meski hadir sebagai aplikasi terpisah, pengguna tetap harus memiliki akun Facebook terlebih dulu untuk mengaksesnya.

Nantinya, tidak hanya menonton para streamer, penggguna juga dapat bermain sejumlah gim yang sudah tersedia di koleksi Facebook, langsung dari dalam aplikasi. 

Facebook Gaming juga mendukung fungsi mobile streaming, sehingga pengguna dapat langsung menyiarkan permainannya di gim mobile tanpa memerlukan banyak persiapan.

Facebook mengatakan platform ini tidak ditopang iklan, melainkan mengambil potongan langsung dari para streamer. Aplikasi Facebook Gaming saat ini sudah hadir untuk sistem operasi Android dan menyusul di iOS dalam waktu dekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantang Twitch dan YouTube, Facebook Akan Rilis Aplikasi Khusus Gim

Kehadiran Facebook Gaming versi mobile ini sendiri sudah diketahui beberapa hari lalu. Menurut laporan New York Times, aplikasi milik Facebook ini akan melakukan kurasi dan fokus pada komunitas streaming.

Tak hanya fokus kepada gim-gim yang populer saat ini, aplikasi itu juga akan menyoroti gim kasual yang mungkin sudah dimainkan secara online, termasuk Words with Friends.

Aplikasi ini rencananya akan diperkenalkan Facebook pada 20 April, dan baru tersedia untuk perangkat Android. Sementara untuk versi iOS-nya akan segera meluncur dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Tak Ingin Kalah Bersaing

Bukan rahasia lagi mengapa Facebook meluncurkan aplikasi ini. Perusahaan ingin ikut bersaing dengan Twitch ataupun YouTube di platform streaing gim ini.

Meski Facebook mengincar posisi teratas, data Streamlabs dan Stream Hatchet menunjukkan Facebook masih harus berjuang keras untuk tumbuh.

Apakah aplikasi gaming milik Facebook ini akan sukses atau tidak, hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Mengingat, tab Gaming di Facebook kurang sukses sejak diluncurkan. YouTube sendiri menutup aplikasi gim mereka pada 2019 setelah empat tahun.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.