Sukses

Imbas Virus Corona, Facebook Donasikan Rp 1,6 Triliun untuk Bantu Media

Facebook bakal mendonasikan USD 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun untuk pembiayaan iklan, guna mendukung organisasi berita dan penerbit lokal yang terdampak virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook bakal mendonasikan USD 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun untuk pembiayaan iklan, guna mendukung organisasi berita dan penerbit lokal yang terdampak virus corona.

Media, terutama media cetak, telah kehilangan pemasukan karena banyak pengiklan menarik anggaran marketing mereka, untuk mengendalikan biaya karena ketidakpastian terkait virus Corona.

Salah satu contohnya adalah koran lokal Vatikan L'Osservatore Romano yang menghentikan percetakan sejak minggu lalu. Mereka menghentikan percetakan gara-gara wabah yang membuat kondisi finansial kesulitan.

Mengutip Reuters, Selasa (31/3/2020), pihak Facebook menyebut, "donasi Facebook ini terbagi dua, USD 25 juta atau setara Rp 409 miliar bantuan untuk media lokal dan USD 75 juta atau setara Rp 1,2 triliun dalam bentuk biaya untuk media global."

"Banyak media yang harus berjuang secara ekonomi karena terdampak wabah ini," kata Head of Global News Partnership Facebook Campbell Brown, dikutip dari CNN. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan agar Media Bertahan di Tengah Covid-19

Ia menyebut, meski konsumsi berita secara umum tersus meningkat dan jumlah langganan naik, kenaikan itu tidak bisa menutupi kerugian yang dialami oleh media. "Kami dalam hal ini berupaya membantu," kata Brown.

Facebook mengatakan, putaran pertama bantuan ini akan diberikan kepada 50 media lokal di Amerika Serikat dan Kanada.

Sekadar informasi, bantuan sebesar Rp 1,6 triliun itu merupakan tambahan terhadap bantuan Rp 16 miliar yang digelontorkan untuk media lokal dan Rp 32 miliar untuk mendukung cek fakta yang diumumkan sebelumnya.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini telah melakukan beberapa cara untuk membantu berbagai komunitas yang terdampak dari virus Corona. Sementara, banyak perusahaan lainnya terpaksa mengurangi operasi mereka.

Sebelumnya, perusahaan teknologi lain, yakni Google, melalui Alphabet menyebut, bakal mendonasikan lebih dari USD 800 juta dalam bentuk dana dan kredit iklan untuk UMKM, bisnis, dan organisasi kesehatan.

3 dari 3 halaman

Donasi dari Mark Zuckerberg dan Istri

Sebelumnya, pendiri sekaligus bos Facebook Mark Zuckerberg beserta istrinya, Priscilla Chan, lagi-lagi berdonasi untuk melawan virus Corona.

Melalui yayasannya, The Chan-Zuckerberg Initiative (CZI), pasangan miliarder ini mengumumkan, telah bermitra dengan Bill and Melinda Gates Foundation untuk mendonasikan USD 25 juta atau setara Rp 400 miliar guna mendanai penelitian Covid-19.

Penelitian ini nantinya berupaya untuk mengeksplor kemungkinan terkait upaya penyembuhan dari Covid-19.

"Saya sangat bangga dan mengumumkan, CZI akan bergabung dengan Gates dan yang lain untuk mengumpulkan sesuatu yang disebut akselerator terapi untuk melawan virus Corona," kata Priscilla Chan, sebagaimana dikutip dari CBS News, Sabtu (28/3/2020).

Istri Mark Zuckerberg menjelaskan, tujuan kolektif dari bantuan ini adalah untuk mendanai kelompok yang bertugas men-screening segala macam obat yang berpotensi melawan virus Corona.

"Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan semua obat yang telah diskrining dan dianggap aman dan mengujinya apakah obat ini memiliki dampak positif untuk melawan virus Corona, mengurangi gejalanya, dan mengurangi kerusakannya," kata Zuckerberg.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.