Sukses

Facebook Gandeng Organisasi Kesehatan Kembangkan Messenger untuk Pusat Informasi Covid-19

Saluran digital seperti Messenger banyak digunakan untuk mendapatkan informasi tepercaya dari otoritas kesehatan di tengah-tengah pandemi global ini

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menggandeng organisasi kesehatan pemerintah dan organisasi kesehatan PBB untuk membantu mereka menggunakan Messenger sebagai salah satu medium untuk meningkatkan respons terhadap isu Covid-19.

Kementerian Kesehatan Argentina, misalnya, merilis layanan berbasis Messenger ini, dengan dukungan Botmaker.com. Layanan tersebut bertugas untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat tentang virus corona dan memberikan saran resmi, cepat, dan andal, selama 24 jam sehari.

"Organisasi seperti UNICEF dan Kementerian Layanan Kesehatan Nasional Pakistan juga menggunakan Messenger untuk memastikan audiens mereka mendapatkan informasi terbaru tentang Covid-19.

"Kami juga membuat online hackathon dan mengundang pengembang untuk membangun solusi perpesanan yang mengatasi tantangan terkait dengan coronavirus seperti menjaga jarak sosial dan menjaga agar orang-orang tetap terdidik dan mendapat informasi," kata Stan Chudnovsky, VP of Messenger dikutip dari keterangan resmi Messenger.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program untuk skala global

Stan menyebut saluran digital seperti Messenger banyak digunakan untuk mendapatkan informasi tepercaya dari otoritas kesehatan di tengah-tengah pandemi global ini. Oleh sebab itu, kata Stan, perusahaan meluncurkan program ini untuk skala global.

Program ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara organisasi kesehatan pemerintah dan organisasi kesehatan PBB dengan pengembang yang dapat membantu mereka menggunakan Messenger secara efektif untuk berbagi informasi tepat waktu dan akurat.

"Mitra pengembang kami telah menawarkan diri untuk memberikan layanan mereka secara gratis kepada organisasi-organisasi tersebut selama krisis ini. Pengembang akan membantu mereka dengan hal-hal seperti automatisasi tanggapan terhadap pertanyaan umum, yang dapat mengurangi beban staf yang kewalahan," tutur Stan lebih lanjut.

Selain itu, organisasi-organisasi tersebut akan diajari cara berbagi informasi dengan audiens mereka secara paling efektif dan bagaimana secara lancar beralih dari percakapan otomatis ke percakapan langsung dengan staf mereka ketika diperlukan.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini