Sukses

Grab Perkuat Inisiatif untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Grab baru saja mengumumkan sejumlah inisiatif untuk memperkuat layanannya guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Inisiatif dengan nama gerakan 'Kita vs Corona' ini berlaku untuk sejumlah layanan di platfom Grab.

Menurut Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant, dan karyawan Grab bersatu melawan pandemi virus corona.

"Kami telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup mereka," tutur Neneng dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com. 

Lebih lanjut Neneng mengatakan Grab Indonesia sudah memantau situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan di perusahaan untuk merespons penyebaran Covid-19.

"Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia," ujarnya.

Salah satu yang kini diterapkan perusahan ditujukan untuk pelanggan GrabFood dan GrabExpress. Lewat program pemesanan tanpa kontak, pelanggan disebut tidak perlu berhubungan langsung dengan mitra pengemudi.

Jadi, pelanggan dapat menginformasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu, seperti resepsionis gedung yang sudah memberikan izin.

Setelahnya, mitra pengantaran Grab akan menginformasikan apabila mereka sudah tiba dan akan berdiri setidaknya dua meter dari pesanan yang akan diambil pelanggan.

"Kami sangat menyarankan pelanggan memilih pembayaran nontunai. Jika harus memakai uang tunai, pelanggan dapat meletakkannya di amplop dan menaruhnya di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya," ujar Neneng menjelaskan.

2 dari 3 halaman

Inisiatif untuk GrabKitchen

Grab juga menerapkan langkah pencegahan tambahan di seluruh GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Tidak hanya itu, standar kebersihan mulai dari tahap penyiapan hingga proses pengantaran.

Sementara untuk layanan GrabXpress, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan Ninja Xpress untuk memperluas jaringannya. Jadi, pengguna dapat menggunakan layanan Ninja Xpress dari aplikasi Grab.

Untuk layanan GrabHealth yang didukung Good Doctor pun kini ada konsultasi kesehatan untuk para pelanggan. Sebagai tambahan, mereka juga dapat membeli produk kesehatan dan vitamin lewat GrabRewards.

3 dari 3 halaman

Perlindungan untuk Mitra Pengemudi

Tidak hanya untuk para konsumen, Grab juga mempersiapkan paket grabCare untuk para mitra pengemudi, terutama untuk mereka yang berada diamanatkan untuk dikarantina atau telah positif Covid-19.

Selain itu, ada 100 ribu masker untuk mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike yang masih aktif. Masker ini dapat diambil di stasiu kereta terpilih, GrabBike Lounge, dan dapat ditukar melalui program GrabBenefits.

Para pengemudi GrabBike juga diingatkan untuk selalu mengenakan hlem dan sarung tangan yang bersih, termasuk menjaga kesehatan. Semua skuter GrabWheels juga dibersihkan setiap harinya oleh staf lapangan.

Untuk mendukung para mitra, Grab juga mengaktifkan berbagai saluran dukungan, seperti Grab Safety Hotline, pusat bantuan di aplikasi, dan forum online.

(Dam/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Kementerian sampai Perusahaan Teknologi Berlakukan Work from Home, Ini Kata Pakar
Artikel Selanjutnya
Tips Biar Makin Betah di Rumah Selama Social Distancing Bersama Vidio!