Sukses

Ulang Tahun ke-20, PS2 Masih Mantap Jadi Konsol Terlaris hingga Kini

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Sony merayakan ulang tahun dari PS2 (PlayStation 2). Tepat 20 tahun lalu, konsol ini resmi dirilis ke publik pada 4 Maret.

Meski sudah berusia 20 tahun, PS2 ternyata masih memegang rekor yang hingga sekarang belum terkalahkan. Dikutip dari Screen Rant, Kamis (5/3/2020), PS2 masih menjadi konsol dengan penjualan terbaik hingga saat ini.

Berdasarkan catatan, konsol ini berhasil terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia. Jumlah ini membuatnya mengungguli raihan dari Nintendo Wii, bahkan saudaranya yang lebih anyar, PS4.

Lantas, apa yang membuat PS2 begitu digemari? Salah satu faktor yang disebut mendorong popularitas konsol ini adalah kompabilitasinya dengan gim dari konsol generasi sebelumnya, yakni PS1.

Sejak pertama rilis, PS2 memang dapat digunakan untuk memainkan gim PS1, kartu memori dan kontrolernya pun dibuat kompatibel.

Hal ini membuat peralihan PS1 ke PS2 lebih mudah dilakukan, sebab pemain dapat mengenyahkan konsol lawasnya, tapi tetap menyimpan data permainan yang ada.

Selain itu, gim yang ada di PS2 harus diakui beragam dan beberapa di antaranya tidak jarang bersifat eksklusif, seperti God of War. Selain itu, sejumlah franchise juga menuai kesuksesan dari PS2, seperti Kingdom Hearts.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Kemampuan Lain dari PS2

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah kemampuan PS2 sebagai pemutar DVD, tidak hanya konsol gim saja.

Dengan kemampuan tersebut dan didukung perkembangan DVD di tahun 2000-an, membuat konsol ini berhasil menarik perhatian banyak pengguna.

Tidak hanya itu, Sony juga melakukan pembaruan seri PS2 Slim beberapa tahun setelah generasi pertamanya rilis. Sesuai namanya, konsol ini tampil lebih ringkas, lebih sunyi, dan memiliki port ethernet.

Sony sendiri masih terus memproduksi PS2, setelah PS3 dirilis. Ketika itu, sejumlah gim anyar pun masih rilis di PS2.

Dengan waktu hidup yang cukup panjang tersebut, wajar apabila PS2 menyandang predikat konsol dengan penjualan terbanyak hingga saat ini.

Nah, lantas bagaimana dengan kamu? Adakah kenangan atau kisah unik berhubungan dengan PS2 yang masih diingat hingga sekarang?

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.