Sukses

Penjual di Shopee Bisa Ajukan Pendanaan ke Modalku

Liputan6.com, Jakarta - Modalku bermitra dengan Shopee dalam menyediakan solusi pendanaan kepada UMKM yang tergabung di Shopee melalui proses online sederhana.

Program pinjaman usaha berbasis teknologi informasi tanpa jaminan ini merupakan bentuk upaya Modalku dan Shopee dalam mendukung UMKM meningkatkan penjualannya.

Penjualan melalui platform e-commerce terus menunjukkan pergerakkan positif. Penelitian Google, Temasek, dan Bain & Company dalam e-Conomy SEA 2019 menunjukkan jumlah orang di Asia Tenggara yang bertransaksi secara online di tahun 2019 sekitar 150 juta orang. Angka ini meningkat 3 kali lipat dibanding tahun 2015.

Di Indonesia, jumlah transaksi melalui e-commerce di tahun 2019 meningkat 88 persen dibanding tahun 2015, yakni mencapai hampir USD 21 miliar. Angka ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

Pertumbuhan industri e-commerce tentunya sejalan dengan perkembangan UMKM yang menjual produknya secara online. Namun dalam memenuhi permintaan pembeli yang terus meningkat, sering kali UMKM ini terkendala modal untuk menambah stok barang.

Pinjaman modal usaha yang disediakan oleh Modalku & Shopee memungkinkan para penjual untuk mendapatkan dana tambahan dengan persyaratan mudah.

"Kolaborasi ini menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan #SejutaMimpi para UMKM yang layak berkembang dengan menyediakan akses ke pendanaan," ujar Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan dalam keterangan tertulis.

Shopee, kata Iwan, "memiliki visi sejalan dengan Modalku dalam hal mendukung usaha merchant online."

Iwan juga menegaskan bahwa Modalku terus berkomitmen untuk menjadi P2P lending platform pilihan online merchant di Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Pinjaman Rp 5 hingga 250 Juta

Penjual di Shopee bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Rp 5 hingga 250 juta dengan suku bunga pinjaman terjangkau. Seluruh proses pengajuan dilakukan melalui aplikasi Shopee dan hanya memakan waktu maksimal 3 hari kerja untuk proses pencairan dananya.

Sampai Februari, ribuan penjual di Shopee sudah menggunakan dan merasakan manfaat dari pinjaman modal usaha ini. Sebagian besar dari penjual ini menggunakan dana yang didapatkan untuk pembelian stok produk.

"Pinjaman modal yang diberikan Modalku sangat membantu untuk mengembangkan usaha saya. Proses pengajuannya juga sangat mudah, saya cukup melengkapi data seperti KTP & NPWP. Dari Modalku juga melihat bahwa rating bisnis saya di Shopee baik, sehingga pinjaman disetujui. Dana yang saya dapatkan digunakan untuk menambah variasi barang dekorasi rumah yang saya jual," kata Ria Fransisca, salah satu penjual di Shopee. 

(Why/Ysl)