Sukses

Presiden Tiongkok Ucapkan Terima Kasih ke Bill Gates karena Ikut Basmi Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengirim surat berisi ucapan terima kasih untuk Bill Gates dan Melinda Gates.

Ucapan terima kasih ini dikirimkan karena melalui Bill & Melinda Gates Foundation, keduanya telah mendukung upaya pembasmian epidemik virus corona.

Sekadar informasi, virus corona (Covid-19) telah merenggut nyawa 2.345 jiwa di Tiongkok. 76 ribu orang terinfeksi virus corona di lebih dari 25 negara.

Awal bulan ini, Bill & Melinda Gates Foundation berkomitmen untuk memberikan donasi sebesar USD 100 juta sebagai respon atas mewabahnya virus corona di seluruh dunia.

"Saya sangat mengapresiasi kebaikan dari Bill & Melinda Gates Foundation dan surat solidaritas yang Anda tulis untuk orang-orang Tiongkok begitu penting," kata Xi dalam surat itu, menurut kantor berita Xinhua, sebagaimana dikutip dari France24, Minggu (23/2/2020).

Xi mengatakan, Tiongkok kini dalam momen kritis berjuang melawan wabah virus corona.

2 dari 3 halaman

Jutaan Orang Terdampak Virus Corona

Jutaan orang dikarantina di provinsi Hubei, di mana virus corona menyebar sejak Desember lalu.

Hampir 400 kasus baru dilaporkan di seluruh Tiongkok pada hari Sabtu kemarin. Jumlah ini setengah dari jumlah kasus baru yang ditemukan di hari-hari sebelumnya.

"Kami telah mengumpulkan seluruh negeri dan mengadopsi serangkaian tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk mengendalikan dan mengurangi epidemi serta mengobati mereka yang sakit," demikian tulis Xi.

3 dari 3 halaman

Dana Sumbangan Disalurkan ke Organisasi Kesehatan

Xi menyebut, langkah-langkah luar biasa itu telah memberikan hasil yang substansial.

The Gates Foundation menyebut, dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat upaya deteksi, isolasi, dan perawatan, termasuk melindungi populasi yang rentan, serta mengembangkan vaksin dan diagnostik.

Yayasan amal ini akan mengerahkan dana sebesar USD 20 juta ke organisasi. Misalnya saja ke WHO, Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit (CDC) AS, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok.

(Tin/Ysl)

Loading