Sukses

Nyaris Salip WhatsApp, TikTok Jadi Aplikasi Terpopuler Kedua di Dunia

Aplikasi video kreatif TikTok milik ByteDance kini jadi salah satu aplikasi paling populer di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi video kreatif TikTok milik ByteDance kini jadi salah satu aplikasi terpopuler di dunia.

Bahkan menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi Sensor Tower, secara total aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali di App Store dan Google Play.

Mengutip data Sensor Tower, Rabu (15/1/2020), TikTok menjadi aplikasi non-gaming kedua yang paling banyak diunduh pada 2019, tepat di bawah WhatsApp yang jadi aplikasi terpopuler di dunia.

TikTok melonjak dibandingkan tahun lalu berkat popularitasnya di beberapa negara seperti India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Masih menurut laporan Sensor Tower yang dikutip GSMArena, pendapatan TikTok juga meningkat 540 persen dibanding tahun lalu.

Meski begitu, pendapatan paling besar berasal dari Tiongkok di mana aplikasi TikTok menawarkan in-app purchases.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi-Aplikasi Populer Lainnya

Secara angka, pendapatan TikTok mencapai angka USD 40 juta pada Desember 2019. Hal ini membuat TikTok jadi aplikasi non gaming nomor 7 dengan pendapatan tertinggi.

Adapun aplikasi-aplikasi lain yang juga terpopuler di dunia adalah WhatsApp, diikuti TikTok, Facebook, Messenger, Instagram.

Selebihnya ada ShareIt, Likee, YouTube, Club Factory, Snapchat, dan UC Browser, Spotify, dan Netflix.

3 dari 3 halaman

CoD Gim Paling Populer

Selain TikTok, per kuartal 4 2019, Sensor Tower juga menyoroti aplikasi seperti Call of Duty. Dalam periode antara 1 Oktober hingga 31 Desember 2019, Call of Duty menjadi aplikasi gim paling populer.

Jumlah unduhan Call of Duty lebih dari 180 juta kali. Uniknya, setengah unduhan CoD berasal dari perangkat iOS dan separuhnya lagi dari perangkat Android.

Sementara di posisi kedua aplikasi gim terpopuler ada Sand Balls yang diunduh sekitar 90 juta kali.

Gim lain yang juga populer diunduh adalah Brain Out, PUBG Mobile, dan Garena Free Fire.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.