Sukses

Astronaut Korea-Amerika Pertama Bakal Ikut Misi ke Luar Angkasa

Seorang warga Amerika Serikat keturunan Korea Selatan pertama yang mengikuti misi Artermis dari NASA untuk terbang ke stasiun luar angkasa, Bulan, dan Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan besar Amerika Serikat di Seoul, Korea Selatan, memberi pengumuman membanggakan. Pasalnya ada seorang warga Amerika Serikat keturunan Korea Selatan pertama yang mengikuti misi Artermis dari NASA untuk terbang ke stasiun luar angkasa, Bulan, dan Mars.

Astronaut keturunan Korea Selatan pertama yang bakal mengikuti misi ini bernama Dr Jonny Y Kim.

Dalam cuitannya, Kedutaan Besar AS di Seoul memberi pengumuman sekaligus ucapan selamat untuk Jonny Kim.

"Selamat kepada Dr @JonnyYKim, mantan anggota Angkatan Laut AS, pemegang gelar matematika dari @uofsandiego dan alumnus @harvardmed, karena menjadi astronaut Korea-Amerika pertama NASA yang memulai penugasan ke @Space_Station, misi Artermis ke Bulan, dan kemungkinan ke Mars," tulis kedutaan dalam cuitannya.

Mengutip profil Jonny Kim di laman NASA, Senin (14/1/2020), Kim dipilih NASA untuk bergabung dalam kelas kandidat astronaut pada 2017.

Kim mulai melapor bertugas di NASA pada Agustus 2017, setelah menyelesaikan pelatihan calon astronaut. Dia telah menyelesaikan lebih dari 100 operasi tempur, mulai dari jabatannya sebagai tamtama hingga perwira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Jonny Kim

Pria kelahiran Los Angeles ini merupakan imigran Amerika asal Korea yang memiliki kualifikasi ahli SCUBA.

Selain sebagai perwira angkatan laut, Kim juga memperoleh gelar sarjana matematika dari University of San Diego dengan predikat summa cum laude pada 2012.

Tidak berhenti di situ, Kim juga mendapatkan gelar doktor bidang kedokteran dari Harvard Medical School.

Di NASA, Kim telah menyelesaikan latihan yang terdiri dari instruksi operasional di sistem ISS, operasional kendaraan luar angkasa, pelatihan terbang, robotika, sampai ke pelatihan bertahan hidup di alam liar.

3 dari 3 halaman

11 Astronaut Ikut Terbang ke ISS dan Bulan

Sekadar informasi, NASA mengumumkan 11 astronaut baru yang akan mengikuti misi bernama program Artermis.

Program eksplorasi luar angkasa ini akan mengantarkan para astronaut terpilih untuk terbang ke ke stasiun luar angkasa internasional, ke bulan, dan jika memungkinkan ke Mars.

Dalam misi ini, NASA akan menerbangkan wanita pertama ke permukaan Bulan pada 2024 mendatang.

"Orang-orang ini mewakili yang terbaik dari Amerika dan ini adalah waktu yang luar biasa bagi mereka untuk bergabung dengan korps astronaut kami," kata Administrator NASA Jim Bridenstine, dikutip dari laman NASA.

(Tin//Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.