Sukses

IndoXXI Tutup Layanan, Situs Alternatifnya Muncul

Liputan6.com, Jakarta - IndoXXI telah mengumumkan akan menutup layanannya dan seharusnya tak bisa diakses lagi oleh penggunjung per 1 Januari 2020.

Selain pasang pop-up di situs mereka yang berisi pesan, "Goodbye 2019, Goodbye IndoXXI. Terima Kasih," pemilik situs pun membagikan kabar tersebut ke berbagai akun media sosial mereka.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga menyatakan telah memblokir seribu lebih situs layanan web streaming ilegal, termasuk IndoXXI sejak Juli lalu.

Dalam pidato baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, "Menggunakan film bajakan akan memberikan efek buruk pada negeri."

"Saat mengajak investor menanamkan investasi di Indonesia, kita harus jaga itu dengan kecerdasan yang tinggi. Menghormati hak intelektual itu," ucapnya.

Meski penyedia layanan sudah mengumumkan penutupan akses, ternyata masih ada sejumlah situs IndoXXI yang beroperasi dan menyediakan akses konten film. Demikian dikutip dari keterangan resmi AVIA (Asia Video Industry Association), Jumat (3/1/2020).

2 dari 2 halaman

Pengganti IndoXXI

IndoXXI

Berdasarkan penelusuran Tekno Liputan6.com di media sosial, beredar informasi tentang situs web streaming alternatif IndoXXI yang telah diblokir Kemkominfo.

Situs itu beralamat di Cinema21xxi.art. Sama seperti IndoXXI, situs ini menyediakan beragam konten film Indonesia maupun internasional.

Mendapati hal ini, anggota Video Coalition of Indonesia (VCI) menyebut akan terus bekerja sama dengan Kemkominfo untuk mengidentifikasi situs-situs ilegal VCI juga meminta semua departemen pemerintah terkain untuk melakukan tindakan tegas terhadap situs pembajakan film.

(Ysl/Why)