Sukses

PNS Tiongkok Dilarang Pakai Produk AS

Liputan6.com, Jakarta - Usai Amerika Serikat (AS) memasukkan Tiongkok ke dalam daftar hitam, langkah tegas juga dilakukan Negeri Tirai Bambu guna membendung produk buatan AS mendominasi pasar.

Dilansir Financial Times melalui Merdeka,com, pemerintah Tiongkok di Beijing telah memerintahkan semua lembaga pemerintah dan badan publik untuk menyingkirkan deretan peralatan komputer buatan asing atau barat.

Dengan kata lain, para pegawai negeri sipil (PNS) tidak bisa menggunakan produk luar negeri untuk aktivitas pemerintahan.

Dalam laporan tersebut, pemerintah Tiongkok juga akan menghabiskan waktu mulai sekarang hingga 2022 untuk mengganti semua perangkat buatan AS maupun buatan luar Tiongkok, khususnya negeri barat, untuk diganti dengan buatan lokal.

Bahkan kali ini Tiongkok secara terbuka menyatakan teknologi AS 'tidak diterima' oleh mereka.

 

2 dari 2 halaman

Masalah yang Harus Dihadapi Tiongkok

Namun permasalahannya, banyak teknologi AS yang telah diimplementasikan di departemen pemerintahan, seperti Dell, HP, dan Apple.

Di sektor pemerintahan sendiri, implementasi produk lokal masih belum semasif di aspek smartphone. Pasalnya, produk luar Tiongkok masih banyak dipakai.

Salah satu contohnya adalah Lenovo, yang menggunakan chip dari Intel yang merupakan produk AS, serta hard drive besutan Samsung dari Korea Selatan.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Biaya Hidup Mahal, Tingkat Kelahiran di China Merosot ke Level Terendah Sejak 1949
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Myanmar, Xi Jinping Bakal Fokus Bahas Infrastruktur