Sukses

RateS Dukung Pemberdayaan Perempuan Berwirausaha lewat Konsep Social Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Social Commerce Platform RateS resmi meluncur di Indonesia dengan tujuan utama mendukung pemberdayaan perempuan untuk berwirausaha.

Melalui RateS, mereka yang menjadi mitra reseller dapat memanfaatkan media sosial untuk memulai dan menjalankan bisnis online dengan brand mereka sendiri tanpa modal dan inventarisasi. RateS menargetkan dapat mendorong lahirnya 500.000 wirausaha pada 2020 mendatang.

"Saat ini banyak e-commerce platform dan media sosial di Indonesia, tetapi keterbatasan modal dan waktu menjadi kendala untuk meraih penghasilan tambahan. Di sinilah RateS hadir dan memberikan solusi. Melalui aplikasi RateS, setiap reseller dapat memulai bisnis online tanpa modal atau inventaris apa pun," ujar Jake Goh, CEO dan Co-Founder, RateS.

CEO dan Co-Founder RateS Jake Goh

RateS memfokuskan diri untuk membantu individu-individu yang sering harus berada di rumah, seperti ibu rumah tangga, yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, RateS ini juga mengedukasi mereka supaya dapat menjadi wirausaha andal.

"Memastikan bahwa perempuan mendapatkan akses serta mampu memanfaatkan teknologi digital yang terus berkembang, serta memperoleh pengembangan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan pasar dan kebutuhan di dunia kerja yang terus berubah adalah kunci untuk meningkatkan partisipasi ekonomi mereka," tutur Pertiwi Triwidiahening, Program Officer, Women Entrepreneurship Programme, UN Women.

2 dari 2 halaman

User-friendly

Selain tampilan user-friendly, sehingga mudah digunakan, RateS menawaran layanan end-to-end bagi mitra reseller dengan menyediakan pilihan produk-produk berkualitas dari dalam dan luar negeri. Mereka dapat menelusuri katalog dan memilih produk yang mereka ingin jual ke toko online mereka.

Mitra reseller, melalui fitur Shoplink, dapat membagikan tautan ke toko setelah mereka menambahkan produk. Ketika produk itu terjual, RateS membantu mitra reseller untuk mengirimkan produk itu melalui jasa pengiriman yang sudah bekerja sama dengN RateS, yakni JNE dan Sicepat.

Kemudian metode pembayaran yang diterima RateS adalah transfer bank, gerai Alfamart, cash on delivery, kartu kredit, e-wallet (DANA, OVO, LinkAja), dan lainnya.

RateS mengklaim saat ini memiliki lebih dari seribu produk dengan berbagai macam kategori seperti produk rumah tangga, tas, dan produk serta aksesoris kebutuhan bayi.

(Why/Ysl)