Sukses

Adu Smartphone dengan Kamera 64MP: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Liputan6.com, Jakarta - Pasar smartphone Indonesia kedatangan setidaknya dua model smartphone dengan kamera 64MP, yakni Realme XT dan Redmi Note 8 Pro. Tipe sensor kamera 64MP yang kedua smartphone itu gunakan pun sama, yakni Samsung GW1.

Pada praktiknya, hasil bidikan kamera Realme XT dan Redmi Note 8 jelas akan berbeda. Hal itu utamanya dipengaruhi oleh faktor 'the man behind the gun' atau dalam konteks ini keterampilan orang yang menggunakan smartphone tersebut untuk memotret sangat berperan penting.

Realme XT di genggaman tangan. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Penampakan Redmi Note 8 Pro yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Namun di luar faktor tersebut, faktor image processing software yang tertanam pada masing-masing smartphone itu juga memiliki pengaruh.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami menguji kamera Realme XT dan Redmi Note 8 Pro dengan memotret beberapa objek yang sama di berbagai kondisi. Selengkapnya, simak pengujian kami berikut ini.

Catatan: Semua foto di bawah sama sekali tidak mengalami pengeditan atau penambahan efek dan filter tertentu, melainkan hanya cropping ke rasio 16:9.

Lensa 64MP di dalam Ruangan - Realme XT

Lensa 64MP di dalam Ruangan - Redmi Note 8 Pro

Objek di atas merupakan ruangan utama sebuah masjid dengan pencahayaan memadai. Hasil bidikan Realme XT tampak lebih terang, sementara hasil jepretan Redmi Note 8 Pro meski lebih gelap terlihat menampilkan detail tembok masjid lebih baik.

Lensa 64MP di dalam ruangan (2) - Realme XT

Lensa 64MP di dalam ruangan (2) - Redmi Note 8 Pro

Foto di atas menampilkan banyak objek sekaligus, yang diambil dari lantai atas sebuah pusat perbelanjaan. Di sini hasil jepretan Realme XT jauh lebih hidup ketimbang Redmi Note 8 Pro.

Lensa 64MP di luar ruangan (2) - Realme XT

Lensa 64MP di luar ruangan (2) - Redmi Note 8 Pro

Pada objek di atas, gradasi warna langit, bangunan, dan pohon yang dihasilkan oleh Realme XT terlihat lebih tegas dan terang. Sementara Redmi Note 8 Pro menghasilkan gradasi warna lebih natural dan mendekati kondisi aslinya.

Lensa 64MP di luar ruangan (3) - Realme XT

Lensa 64MP di luar ruangan (3) - Redmi Note 8 Pro

Seperti foto sebelumnya, Foto di atas menampilkan banyak objek sekaligus yang tersebar secara acak. Lagi-lagi, Realme XT mampu menampilkan detail lebih baik ketimbang Redmi Note 8 Pro.

2 dari 5 halaman

Hasil Foto Realme XT dan Redmi Note 8 Pro (2)

Lensa Sudut Lebar di luar ruangan - Realme XT

Lensa Sudut Lebar di luar ruangan - Redmi Note 8 Pro

Untuk lensa sudut lebar, luas pandangan Realme XT 119 derajat dan Redmi Note 8 Pro 120 derajat, hanya selisih satu derajat. Pada praktiknya, perbedaan luas pandangan satu derajat ini terlihat cukup kentara. Redmi Note 8 Pro mampu menghasilkan bidikan jauh lebih luas ketimbang Realme XT.

Lensa Sudut Lebar di dalam ruangan - Realme XT

Lensa Sudut Lebar di dalam ruangan - Redmi Note 8 Pro

Masih tentang lensa sudut lebar, bidikan Redmi Note 8 Pro menghasilkan pandangan lebih luas, untuk detail di dalam ruangan dengan banyak objek yang tersebar acak, jepretan Realme XT lebih hidup.

3 dari 5 halaman

Hasil Foto Realme XT dan Redmi Note 8 Pro (3)

Objek Jarak Dekat Kondisi Cukup Cahaya - Realme XT

Objek Jarak Dekat Kondisi Cukup Cahaya - Redmi Note 8 Pro

Kemudian untuk memotret objek jarak dekat, keduanya sama-sama dapat menghasilkan foto apik. Fokusnya bekerja cukup cepat dan efek bokehnya lumayan rapi. Namun bicara soal warna, Redmi Note 8 pro lebih natural.

Foto Makro di Realme XTFoto Makro di Redmi Note 8 Pro

Saat menjajal untuk memotret objek makro bunga, performa Realme XT dan Redmi Note 8 Pro tidak terlalu mengesankan. Sensor kamera keduanya agak kewalahan untuk mengambil jarak potret yang tepat. Namun bicara soal detail, performa Realme XT lebih unggul dan warna yang dihasilkan pun lebih natural.

4 dari 5 halaman

Hasil Foto Realme XT dan Redmi Note 8 Pro (4)

Pratinjau Low Light Jarak Dekat - Realme XT

Low Light Jarak Dekat - Realme XT

Pratinjau Low Light Jarak Dekat - Redmi Note 8 Pro

Low Light Jarak Dekat - Redmi Note 8 Pro

Kemudian untuk memotret objek jarak dekat dengan kondisi minim pencahayaan, baik Realme XT maupun Redmi Note 8 Pro sama-sama agak kesulitan untuk fokus pada objek yan dibidik. Perlu waktu beberapa detik hingga mendapatkan jarak bidik yang pas untuk mengunci fokus pada objek tersebut.

Hasilnya, Realme XT dapat mengungguli Redmi Note 8 Pro karena menghasilkan foto yang lebih terang. Untuk diketahui, saat foto-foto di atas diambil, pencahayaan di dalam ruangan itu jauh lebih gelap ketimbang yang terlihat di foto dan pratinjau foto.

Night Mode - Realme XT

Night Mode - Redmi Note 8 Pro

Kinerja sensor kamera Realme XT dan Redmi Note 8 Pro lumayan untuk ukuran ponsel mid range, meski kami masih mendapati sejumlah noise pada hasil bidikannya. Namun soal kualitas hasil bidikan, kinerja Realme XT kembali mengungguli Redmi Note 8 Pro.

 

5 dari 5 halaman

Kecerdasan Buatan dan Image Processing Software

Setelah menjajal kamera Realme XT dan Redmi Note 8 Pro, kami mendapati bahwa kecerdasan buatan dan image processing software dari masing-masing smartphone itu sangat berpengaruh.

Realme XT secara umum berhasil membuktikan keunggulannya ketimbang Redmi Note 8 Pro terutama karena mampu menghasilkan foto dengan gradasi warna lebih tegas pada kondisi cukup cahaya dan foto lebih terang pada kondisi minim cahaya. Sementara karakter foto Redmi Note 8 Pro, meski lebih gelap, cenderung lebih natural. Di luar itu, keunggulan Redmi Note 8 Pro yang paling menonjol terletak pada kinerja lensa sudut lebar. 

Sebetulnya ini masalah selera saja. Jika preferensi pengguna adalah hasil foto yang cenderung lebih natural dan mendekati kondisi aslinya, maka Redmi Note 8 Pro bisa menjadi pertimbangan.

Namun bila pengguna menginginkan smartphone dengan kinerja software yang dapat menghasilkan foto lebih baik, Realme XT patut masuk ke dalam wishlist.

(Why/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Jitu Jaga Kesehatan Mata untuk Generasi Milenial
Artikel Selanjutnya
Galaxy S11 Punya Kamera 108MP dan Dukung Perekaman Video 8K