Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Perkuat Keamanan, Instagram Rilis Fitur Email

Liputan6.com, Jakarta - Instagram pada hari ini meluncurkan fitur keamanan baru bernama Email dari Instagram. Fitur baru ini bertujuan membantu mencegah upaya hacking (peretasan akun) dan phishing (penipuan).

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Selasa (8/10/2019), Email dari Instagram membantu pengguna memastikan mengenai keaslian email yang mereka terima, apakah resmi dari tim Instagram atau tidak.

"Hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Sehingga, banyak pengguna yang tertipu karena semakin sulit membedakan email yang resmi dari Instagram dan email palsu," jelas juru bicara Instagram.

Fitur baru ini bisa diakses langsung dari dalam layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop.

2 dari 2 halaman

Langkah Mengakses Email dari Instagram

Instagram memberikan langkah sederhana untuk mengakses fitur baru tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna untuk memastikan validasi email dari Instagram:

- Aplikasi Instagram: Tekan simbol tiga titik, pilih Pengaturan, tekan Keamanan, dan pilih Email dari Instagram.

- Mobile web: Tekan simbol tiga titik, tekan Opsi, dan pilih Email dari Instagram.

- Desktop: Tekan simbol tiga titik, pilih Pengaturan, lalu tekan Email dari Instagram.

Setelah menemukan fitur Email dari Instagram, pengguna akan melihat dua buah tab, antara lain:

1. Tab Keamanan, yang berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir.

2. Tab Lainnya, berisi daftar email lainnya diluar soal keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

Terlepas dari kehadiran fitur keamanan ini, Instagram mengimbau para pengguna untuk lebih berhati-hati sebelum mengklik tautan yang dikirim oleh email mengatasnamakan Instagram.

Namun, apabila secara tidak sengaja meng-klik tautan mencurigakan, dan akun diretas, pengguna bisa langsung menghubungi pihak Instagram untuk mengambil alih kembali.

(Din/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
47 Jaksa Agung Ramai-Ramai Selidiki Facebook, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Facebook Ungkap Operasi Intervensi Rusia dan Iran di Pilpres AS 2020