Sukses

Pengaplikasian Model Baru Finansial Digital dalam Blockchain

Liputan6.com, Jakarta - Sederhananya, blockchain adalah medium yang berisi catatan transaksi digital yang dapat diaplikasikan kedalam beberapa moden finansial digital.

Namun ketika diaplikasikan kepada model baru, seringkali sebagian model tersebut bukanlah tercipta seutuhnya, melainkan bentuk dari sebuah inovasi.

"Pengaplikasian blockchain seringkali menjadi sebuah inovasi, bukan sebagai temuan utuh. Seperti mengubah cara masuk ke dalam aplikasi, cara pembayaran dengan blockchain, dan sebagainya. Namun tetap yang terpenting dapat menciptakan solusi berhasil," ucap Pandu Sastrowardoyo, Co-Founder Blockchain Zoo dalam diskusi konferensi WBF di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, baru-baru ini.

Ia menambahkan, blockchain menciptakan solusi dan opurtunitas baru dalam kecepatan transaksi. Apabila sebelumnya transaksi dapat berlangsung memakan waktu lama, dengan teknologi blockchain tranksaksi dapat berlangsung cepat dan luas.

Tentunya hal ini harus tetap menunjang likuiditas uang digital yang ditransaksikan dengan teknologi blockchain.

 

2 dari 2 halaman

Peningkatan Kompetisi

Penggunaan teknologi blockchain ke depannya dapat meningkatkan kompetisi, baik dalam pelayanan maupun ragam produk yang ditawarkan, tentunya ini dapat berlaku secara global.

Dalam berkompetisi, efisiensi dapat ditingkatkan melalui persetujuan smart contract guna mempercepat pengaplikasian proses manufuktur dan manajemen rantai suplai.

Walaupun pada awalnya dianggap tidak stabil, karena tidak didukung oleh aset berwujud, namun sekarang banyak lembaga keuangan telah menerima penggunaan mata uang digital karena meningkatnya kecepatan dan keamanan dalam membuat penyelesaian keuangan.

(Keenan Pasha/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cumlaude Crypto 2019, Edukasi Teknologi Blockchain untuk Mahasiswa
Artikel Selanjutnya
Edukasi Soal Blockchain Masih Minim di Indonesia