Sukses

Apple Luncurkan Sistem Operasi Khusus iPad

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran sistem operasi baru yang ditujukan untuk iPad. Saat gelaran WWDC 2019, perusahaan menyebut bahwa sistem operasi ini akan diberi nama iPadOS.

Meski baru, Apple menuturkan iPadOS dibangun dari pondasi yang sama dengan iOS. Karenanya, keputusan untuk memisahkan perangkat tablet dan smartphone menjadi hal menarik.

Mengingat sistem operasi ini khusus ditujukan untuk iPad, dikutip dari Tech Radar, Sabtu (8/6/2019), iPadOS memiliki beberapa peningkatan dari iOS.

Salah satunya adalah kontrol gestur hingga dukungan mouse untuk pengalaman lebih baik. Sistem operasi ini juga mendukung SD Card dan USB drivue. 

Tidak hanya itu, laman depan iPadOS juga dibuat berbeda dari iOS, dengan ikon aplikasi yang dibuat lebih rapat. Kemampuan multitasking iPad juga ditingkatkan melalui kehadiran sistem operasi ini.

Apple juga sudah merilis beberapa daftar perangkat iPad yang akan mendapat pembaruan ke iPadOS.

Beberapa perangkat tersebut adalah iPad Pro 12.9, iPad Pro 11, iPad Pro 10.5, iPad Air, iPad Air 2, iPad (2018,2017), iPad Mini (2019), dan iPad Mini 4.

2 dari 6 halaman

Resmi Dirilis, Ini 11 Fitur Baru iOS 13

Apple akhirnya mengumumkan iOS 13 di panggung WWDC 2019. Perusahaan pun menjelaskan tentang berbagai hal baru yang ada pada software terbaru untuk iPhone ini.

iOS 13 bakal tersedia pada perangkat iPhone mulai dari iPhone 6S, artinya iPhone 5S dan iPhone 6 tak akan lagi kebagian update iOS 13.

Wakil Presiden Senior Apple Craig Federighi mengatakan, Apple menghadirkan berbagai peningkatan pada iOS 13 dan software ini menawarkan sejumlah keunggulan ketimbang versi sebelumnya.

"Salah satu peningkatannya adalah dark mode yang sudah lama ditunggu, peningkatan kinerja, dan banyak perubahan lainnya," kata Federighi sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (4/6/2019). Berikut adalah sejumlah fitur baru yang hadir pada iOS 13:

1. Peningkatan Performa

Seiring dengan update iOS 12 tahun lalu, Apple menekankan peningkatan performa pada iOS 13, terutama bagi perangkat yang lawas.

Dengan pembaruan iOS 13 ini, Apple menjanjikan, Face ID akan membuka kunci 30 persen lebih cepat. Selain itu, aplikasi akan terbuka dua kali lebih cepat pada iOS ini.

2. Dark Mode

Apple menghadirkan dark mode pada iOS 13. Hal ini mungkin jadi pembaruan visual paling besar yang dibuat Apple, sejak iOS diperkenalkan.

Semua aplikasi milik Apple mendukung penggunaan dark mode, bahkan dock notifikasi juga menyesuaikan dengan dark mode.

3 dari 6 halaman

Swipe Keyboard hingga Reminder

3. Keyboard Swipe Terbaru

Meskipun Apple menawarkan dukungan untuk keyboard milik pihak ketiga di iOS selama bertahun-tahun, perusahaan juga memperbarui keyboard standarnya dengan fitur baru.

Fitur tersebut adalah swipe alias geser, mirip pada keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Apple menyebut keyboard swipe ini dengan nama "Quick Path".

4. Reminder

Setelah lama tertunda, Apple menghadirkan pembaruan Reminder pada iOS 13. Apple menambahkan fungsi "Today", "Scheduled", "Flagged", dan "All" sebagai opsi penyaringan untuk menyortir tugas.

Selain itu, pada Reminder ini, Apple juga menghadirkan tampilan yang baru. Reminder juga terintegrasi AI, ketika pengguna mengetik pengingat akan memberi saran terhadap sesuatu yang ingin diingatkan.

Pengguna pun dapat menandai kontak dan diingatkan ketika mereka membuka utas di "Message".

4 dari 6 halaman

Peta Hingga Privasi Baru

5. Update Apple Mail, Notes, dan Safari

Apple juga mengubah beberapa aplikasi intinya di iOS 13. Apple Mail diatur untuk mendapatkan pemformatan desktop baru. Kemudian, Safari mendapatkan preferensi per situs web.

Selanjutnya, Notes mendapatkan tampilan galeri baru untuk melihat semua catatan yang dibuat pengguna sekaligus.

6. Apple Maps

Apple benar-benar menghadirkan pembaruan baru bagi Apple Maps lewat iOS 13.

Perusahaan menyebut, mereka membangun ulang aplikasi dari awal, dengan data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang mirip dengan Google Street View.

Maps baru ini akan tersedia di kota-kota terpilih dan mulai digulirkan di Amerika Serikat pada akhir 2019 dan global pada 2020.

7. Privasi

Bagi Apple, privasi merupakan bagian yang besar. Di mana, pengguna bisa memilih untuk memberikan data lokasi mereka ke aplikasi "sekali saja" untuk mencegahnya terus melakukan ping lokasi ketika pengguna memakai perangkat.

Apple juga menghadirkan fitur "Sign in with Apple". Fitur ini akan tersedia bagi pengembang untuk masuk ke aplikasi dan layanan, di mana pengguna akan masuk ke Face ID dan membuat akun baru untuk layanan tanpa mengungkapkan informasi pribadi apapun.

Tidak hanya itu, akun Apple juga secara otomatis dapat membuat alamat email baru per aplikasi. Hal ini untuk mencegah aplikasi mendapatkan akses ke email pengguna, atau mengirimkan pesan spam.

5 dari 6 halaman

iMessage hingga Tool Edit Foto

8. Profile Picture iMessage

iMessage kini menyerupai tampilan gambar profil dan nama display seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Dengan begitu, pengguna dapat berbagi nama dan foto dengan pengguna iMessage lainnya.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan Memoji untuk gambar profil. Apple juga menambahkan berbagai opsi untuk mengkustomisasi Memoji dan menjadikannya sebagai stiker iMessage.

Paket stiker dari Memoji ini juga bisa digunakan pada aplikasi lain seperti Mail hingga aplikasi pihak ketiga.

9. Tool Baru untuk Edit Foto dan Video

Apple menghadirkan antarmuka baru untuk mengedit foto dan video pada iOS. Pengguna bisa mengedit berbagai kategori misalnya highlight, shadow, contrast, saturation, white balancesharpness, definition, vignette, dan lainnya.

Pengguna juga bisa mengubah rotasi video langsung di perangkat.

Aplikasi Photos juga mendapatkan antarmuka baru yang memanfaatkan machine learning untuk menghapus beberapa foto yang sama.

6 dari 6 halaman

Find My dan Penyimpanan Eksternal

10. Find My

Apple menggabungkan Find My Friends dan Find My iPhone menjadi satu dengan nama Find My. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melacak keberadaan teman-teman dan anggota keluarga serta perangkat yang hilang dalam waktu bersamaan.

11. Penyimpanan Eksternal

iOS akhirnya bisa menarik file dari kartu SD dan USB flash drive untuk diimpor ke aplikasi Files.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Raih Kesuksesan? Yuk Simak Pesan dari CEO Apple
Artikel Selanjutnya
Bisnis Huawei Terganggu, Apple dan Samsung Dapat Untung