Sukses

Penjelasan Apple Soal iPad Pro 2018 yang Mudah Bengkok

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan soal iPad Pro terbaru yang mudah bengkok ternyata masih menjadi perhatian Apple tahun ini. Setelah VP of Hardware Engineering Apple, Dan Riccio angkat bicara, kini Apple sengaja membuat laman khusus yang menjelaskan fenomena itu.

Dikutip dari The Verge, Rabu (9/1/2019), laman itu berisi penjelasan Apple mengenai alasan beberapa iPad Pro ditemukan bengkok. Dalam hal ini, Apple menyebut bengkoknya iPad tidak lepas dari proses manufaktur tablet tersebut.

Menurut Apple, iPad Pro baru ini memiliki kerataan yang lebih tinggi jika dibandingkan model sebelumnya. Karenanya, sisi iPad yang bengkok sebenarnya hanya terlihat dari sudut pandang tertentu saja.

Hal itu, menurut Apple, tidak lepas dari perubahan komponen yang ada di perangkat tersebut. Salah satunya adalah kehadiran garis antena di iPad yang memberikan efek bengkok. 

"Kerataan yang baru dan adanya pemisahan antena membuat penyimpangan yang hanya terlihat dari sudut pandang tertentu," tulis Apple. Kendati demikian, bukan berarti Apple menyebut perangkat itu anti bengkok. 

Lebih lanjut disebutkan, dengan kerataan yang lebih baik membuat penyimpangan (bengkok) yang terjadi tidak lebih dari 400 microns. Sebagai gambaran, 400 microns setara dengan ketebalan empat lembar kertas.

Kendati demikian, Apple tetap memberi kesempatan bagi pengguna iPad yang merasa perangkatnya tidak sesuai dengan standar menukarnya kembali. Perusahaan memberlakukan pengembalian penuh dalam durasi 14 hari setelah pembelian. 

Penjelasan tersebut sebenarnya mirip dengan yang penuturan Riccio saat menanggapi keluhan konsumen. Ketika itu, dia menyebut iPad Pro ini sudah memenuhi semua standar kualitas tinggi Apple.

2 dari 3 halaman

iPad Pro Bengkok, Apple Sebut Masih Sesuai Standar Kualitas

"Kami telah membuatnya dengan hati-hati dan setiap bagian dari proses manufaktur diukur dan dikontrol dengan tepat," tutur Riccio.

Sebelumnya, Apple mengaku mengetahui masalah ini, tapi menurut perusahaan, bengkok tersebut adalah efek samping dari proses manufaktur dan tidak akan memburuk seiring waktu.

Selain itu, bagian bodi iPad Pro yang bengkok itu juga dipastikan tidak akan memengaruhi performa.

3 dari 3 halaman

Ups, iPad Pro Baru Ternyata Mudah Dibengkokkan

Sebelumnya, memang sempat beredar video mengenai iPad Pro terbaru ternyata bisa dibengkokkan dengan mudah. Uji coba ketahanan perangkat tersebut, dibuktikan lewat channel YouTube JerryRigEverything.

Seperti diketahui, JerryRigEverything merupakan salah satu channel yang kerap menguji ketahanan perangkat elektronik, mulai dari smartphone hingga tablet.

Seperti dilansir Geek pada Selasa (27/11/2018), host JerryRigEverything, Zack Nelson, menguji ketahanan iPad Pro edisi 2018 ini dengan sejumlah aksi 'brutal'.

Ia melakukan sederet penyiksaaan, mulai dari menggesek kover perangkat dengan pisau cutter, membakar layar dengan korek api, hingga aksi final yang ditunggu-tunggu: membengkokkan perangkat sampai benar-benar patah!

Menariknya, ia membengkokkan iPad Pro ini dengan mudah, tanpa upaya berlebihan sama sekali. Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya JerryRigEverything menyiksa perangkat Apple tanpa ampun.

Sebelumnya, channel ini juga sempat menguji ketahanan iPhone Xs. Mereka menguji seberapa kuat iPhone terbaru itu dalam metode drop test.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Hoaks Pesan Terakhir Seorang Miliarder Bernama Steve Gouves

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Wall Street Menguat Terdorong Saham Apple dan Facebook
Artikel Selanjutnya
Pakai Tiga Kamera Utama, Inikah Bocoran iPhone XI?