Sukses

Baterai iPad Meledak, Apple Store Amsterdam Evakuasi Pengunjung

Sebuah iPad meledak terjadi di Apple Store Amsterdam sehingga dilakukan evakuasi pengunjung dan staf toko.

Liputan6.com, Amsterdam - Peristiwa meledaknya perangkat di Apple Store kembali terjadi. Kali ini, peristiwa tersebut terjadi Amsterdam, Belanda.

Dari laporan media setempat, ledakan berasal dari baterai iPad yang bermasalah.

Diktutip dari BBC, Rabu (22/8/2018), usai insiden tersebut, para staf dan pengunjung segera dievakuasi dan toko ditutup.

Beruntung, staf di toko resmi itu bergerak cepat. Usai ledakan, mereka segera meletakkan iPad ke dalam boks berisi pasir untuk mencegah api meluas.

Pemadam kebakaran juga dilaporkan segera melakukan tindakan penanganan sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih besar.

Kendati demikian, tiga staf Apple dilaporkan sempat mendapat penanganan medis karena menghirup asap.

Menanggapi kasus tersebut, Apple mengaku pihaknya masih melakukan investigasi mengenai penyebabnya.

"Staf kami berhasil melakukan evakuasi pengunjung secara cepat dan aman, kami juga akan membuka toko kembali dalam waktu dekat," tutur Apple.

Peristiwa semacam ini sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, sebuah iPhone juga dilaporkan sempat meledak dan membuat panik pengunjung Apple Store di Zurich, Swiss.

Gara-gara insiden itu, seorang staf menderita luka bakar dan seisi toko dievakuasi. Perangkat iPhone yang belum diketahui serinya itu meledak karena baterainya mengalami overheating alias panas berlebihan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bikin Panik, iPhone Meledak di Toko Resmi Apple

Polisi mengevakuasi semua orang setelah seorang pegawai menderita luka bakar di tangannya saat mencoba mencabut baterai dari perangkat.

"Tiba-tiba saja perangkat tersebut meledak," kata petugas kepolisian Kota Zurich kepada media setempat. Berdasarkan laporan kepolisian, petugas Apple Store mengatasi masalah ini dengan baik.

"Mereka memercikkan pasir kuasa di atas baterai yang mengalami overheating sehingga asapnya bisa hilang setelah menyalakan ventilasi," katanya.

Polisi juga menyebut, selain petugas yang tangannya mengalami luka bakar, tujuh orang lainnya diperiksa meski tidak masuk rumah sakit.

Sampai saat ini, proses investigasi terhadap iPhone meledak masih dilakukan oleh petugas forensik Zurich Forensic Institute.

3 dari 3 halaman

iPhone Meledak di Toko Apple Valencia, Spanyol

Selain di toko Apple Store di Zurich, sebuah iPhone juga meledak di Apple Store di Valencia, Spanyol.

Toko resmi Apple tersebut dipenuhi asap setelah baterai di dalam sebuah iPhone yang tengah direparasi terbakar.

Pekerja di toko itu menahan api dan membuka jendela untuk mengeluarkan asap yang memenuhi seluruh toko Apple yang dimaksud.

Mereka juga memanggil polisi dan petugas pemadam kebakaran. Namun, kedatangan petugas pemadam kebakaran tak diperlukan karena petugas toko telah mengatasi masalah tersebut.

Untungnya, tidak ada korban terluka akibat ledakan iPhone di Apple Store di Valencia, Spanyol itu. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.