Sukses

Masih Bingung Pilih Calon Presiden, Coba Ikut Kuis di Situs Ini

Liputan6.com, Jakarta - Besok akan menjadi hari penting dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Alasannya, 17 April 2019 menjadi tanggal diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dalam Pemilu kali ini, masyarakat akan diajak memilih secara langsung anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota/Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dan Presiden beserta Wakil Presiden.

Meski Pemilu sudah di depan mata, nyatanya masih ada beberapa orang yang belum menentukan pilihan dengan beragam alasan. Untungnya, ada salah satu sarana untuk membantumu yang masih bingung menentukan pilihan, terutama Presiden dan Wakil Presiden.

Alasannya, kini ada situs bernama PilahPilihPilpres.com yang dapat membantu kamu memilih Presiden dan Wakil Presiden, setidaknya sebagai salah satu pertimbangan.

Situs ini juga menarik karena ditampilkan dalam bentuk kuis. Jadi, kamu akan menjawab sejumlah pertanyaan lalu memilihnya berdasarkan preferensi pribadi.

Dikutip dari situs resminya, Selasa (16/4/2019), kuis ini ditujukan untuk membantu masyarakat memahami kecocokan preferensi pribadi dengan program maupun gagasan kedua pasangan calon Presiden.

2 dari 3 halaman

Informasi Seputar Situs Pilah Pilih Pilpres

Lebih lanjut disebutkan, kuis ini tidak berafiliasi dengan entitas manapun di dalam maupun luar negeri, baik pemerintah, partai politik, KPU, pihak swasta maupun lembaga non-pemerintah.

Kendati demikian, pengembang kuis mengaku masih memiliki keterbatasan, mengingat ada beberapa hambatan, terkait sumber daya manusia maupun isu yang diusung masing-masing calon pasangan.

"Pada akhirnya, kami menyarankan Anda tidak menjadikan kuis ini sebagai pertimbangan akhir ketika memilih, melainkan sebagai instrumen untuk mengevaluasi kembali asumsi Anda mengenai gagasan dan program kedua paslon," tulis tim pengembang situs ini.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang penasaran dengan situs ini dapat mencoba untuk menjajal menjawab kuis yang diajukan. Nantinya, kamu dapat membandingkan kecocokan program -program yang diusung masing-masing calon dengan pilihan jawabanmu.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat melihat secara lengkap keterangan mengenai program yang diusung masing-masing calon pasangan. Dengan demikian, kamu secara tidak langsung dapat mengetahui program tiap pasangan calon terkait sebuah isu. 

3 dari 3 halaman

Yuk, Cari Tahu Informasi Soal Pemilu 2019 di Aplikasi Ini

Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan dilakukan pada 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diketahui merilis aplikasi khusus untuk membantu masyarakat.

Aplikasi bernama KPU RI Pemilu 2019 ini memberikan beragam informasi yang dibutuhkan masyarakat seputar Pemilu tahun ini.

Dikutip dari laman deskripsi di Google Play Store, Senin (15/4/2019), salah satu informasi yang disediakan di aplikasi ini adalah mengecek data pemilih. Jadi, masyarakat dapat mengetahui apakah dirinya sudah masuk daftar pemilih.

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat informasi seputar calon yang akan bertarung di Pemilu kali ini. Informasi yang ditampilkan mulai dari calon Presiden hingga calon anggota legislatif tingkat kabupaten/kota.

KPU juga menampilkan sejumlah infografis berisi bantahan seputar hoaks yang beredar di masyarakat jelang Pemilu. Sebagai tambahan, masyarakat juga dapat melihat hasil penghitungan suara dari aplikasi ini.

Sekadar informasi, aplikasi ini tersedia untuk platform Android. Karenanya, bagi kamu yang tertarik dengan aplikasi seputar Pemilu resmi dari KPU ini, cukup menyiapkan ruang kosong sekitar 13MB. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: