Sukses

Sempat Down, Google Pastikan Layanan Gmail Kembali Normal

Kini Google juga sudah mengumumkan bahwa layanan Gmail dan Drive sudah dapat digunakan seperti biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sempat diwartakan sebelumnya, Google mengonfirmasi dua layanan besutannya, Gmail dan Drive sempat bermasalah. Kondisi ini berimbas pada pengguna sejumlah negara.

Terbaru, Google memastikan masalah tersebut sudah berhasil diatasi. Raksasa internet itu juga meminta maaf pada para pengguna karena masalah ini.

"Masalah Gmail sudah berhasil diatasi. Kami minta maaf untuk ketidaknyamanan dan terima kasih atas kesabaran dan dukungan yang diberikan," tulis Google seperti dikutip dari situs resmi perusahaan, Rabu (13/3/2019).

Perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai itu juga menyebut pihaknya akan terus melakukan peningkatan agar sistem lebih baik. Sayang, Google tidak mengungkap alasan terjadinya masalah tersebut.

Untuk diketahui, masalah yang dialami pengguna Gmail adalah kesulitan melampirkan atau mengakses file. Selain itu, pengguna juga tidak dapat mengakses dan menyimpan email draft, termasuk mengirim email.

Sementara untuk Drive, masalah yang ditemukan pengguna adalah kesulitan saat menggunggah atau mengunduh file. Karenanya, pengguna Gmail harap bersabar hingga Google memberikan keterangan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gmail dan Google Drive Tak Bisa Diakses di Beberapa Negara

Gmail dan Google Drive sempat tumbang dan tidak bisa diakses oleh pengguna di beberapa negara. Dalam kasus ini, Indonesia menjadi salah satunya.

Tak cuma Indonesia, seperti dilaporkan akun yang sering melaporkan kerusakan situs web Report Outage, negara lain seperti Australia dan Selandia Baru juga tidak dapat mengakses Gmail dan Google Drive.

Lewat laporannya, masalah tersebut muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam akun Twitter-nya, Report Outage juga memperlihatkan beberapa negara lain yang dapat mengakses Gmail dan Google Drive, seperti Amerika Serikat (AS), Turki, dan beberapa negara di Eropa barat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilhan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.