Sukses

Lupa Kata Sandi Gmail? Ini Cara Mudah Untuk Mendapatkan Sandi Baru

Liputan6.com, Jakarta Gmail merupakan layanan email gratis yang paling populer saat ini. Kebanyakan orang lebih cenderung memilih Gmail dibanding penyedia layanan email yang lain, dengan alasan bahwa satu akun Gmail dapat digunakan untuk mengakses seluruh produk yang disediakan oleh Google, seperti Google Plus, Google Drive, dan lain sebagainya.

Akun Gmail atau Google memang penting banget buat saat ini. Namun, jika kamu sedang membaca artikel ini berarti kamu sedang ada masalah dengan akun email kamu saat ini. Mungkinkah saat ini kamu sedang mengalami kesulitan karena lupa kata sandi Gmail kan?

Tentunya ada banyak alasan kenapa seseorang lupa kata sandi Gmail, bisa saja dalam jangka waktu yang lama tidak membuka akun Gmail, lalu tidak ingat lagi password Gmail-nya atau kamu lupa kata sandi Gmail dengan berbagai alasan lainnya.

Tenang nggak usah panik, email kamu pasti akan pulih lagi jika kamu mengikuti langkah langkah yang bisa kamu lakukan mengingat kembali atau mendapatkan sandi baru dalam email kamu. Berikut Jumat, (22/2/2019) telah Liputan6.com rangkum cara mendapatkan sandi baru jika kamu lupa kata sandi Gmail.

2 dari 3 halaman

Langsung saja ke halaman keamanan

1. Sebelum menyetel ulang sandi akun kamu, apakah kamu pernah simpan sandi akun tersebut sebelumnya di browser? Kalau pernah, coba cek dulu masing masing. Siapa tahu kamu bisa menemukan sandi tersimpan lama di situ.

2. Jika tidak ada password tersimpan, artinya kamu harus masuk ke proses reset sandi.

3. Sebelum memulai proses reset, pastikan kamu pakai perangkat, lokasi dan jaringan yang biasa kamu gunakan saat akses akun tersebut untuk proses resetnya.

4. Akses halaman berikut ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in nanti akan muncul form reset Gmail kamu.

Pastikan laman berbahasa Indonesia, dibagian bawah form ini biasanya ada tombol ubah bahasa, cari bahasa Indonesia. Ubah bahasa agar lebih mudah dipahami.

5. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan untuk login ke akun Google kamu, kemudian klik tombol Berikutnya.

6. Klik ‘Forgot password?’ atau 'lupa password'. Jika kamu masuk melalui Gmail.com, pada halaman untuk memasukkan password, kamu klik ‘Forgot password?’. Hal ini agar kamu dialihkan ke halaman recovery akun Gmail.

7. Dari sini, baru masuk ke proses resetnya, aku asumsikan kita udah sampai ke laman di atas, dan klik forgot password, maka akan muncul pilihan-pilihan di bawah ini. Tergantung opsi recovery yang kamu punya.

8. Setelah klik lupa password kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan password lama yang diingat. Wajib diisi, jangan diskip. Hal ini udah dijelaskan di laman support Google sebelumnya bahwa sebaiknya isi semua pertanyaan yang diminta dan jangan ada yang diskip, isi juga dengan benar, jangan asal isi.

Kalau masih gagal masuk ke langkah berikutnya. Walaupun gagal, kalau kamu isi pertanyaan di atas dengan akurat, maka ini jadi nilai tambah yang bisa membantu untuk proses selanjutnya, jadi usahakan untuk isi seakurat mungkin.

9. Balik lagi ke atas, dan ikuti instruksi dari awal kamu akses laman ini

accounts.google.com/signin/recovery. Sampai ketemu laman form baru yang minta nomer HP seperti di bawah ini. Isi semua yang diminta seakurat mungkin.

10. Masukkan nomor HP lalu klik “SEND” atau “kirim”. Lalu cek HP dan buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat SMS dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

11. Masukkan kode lalu “next” atau “selanjutnya” Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik Next.

12. Lalu akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

3 dari 3 halaman

Lewat Laman Pemulihan

1. Akses halaman berikut ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in

2. Masukkan alamat email kamu dan klik tombol Berikutnya.

3. Kamu akan melihat halaman untuk memasukkan password. Silakan klik tautan Coba pertanyaan yang lain.

4. Setelahnya akan muncul kolom isian untuk memasukkan alamat email pemulihan. Masukkan alamat email pemulihan kamu di sini. Jika tidak muncul, silakan klik tautan coba pertanyaan yang lain sampai kamu menemukan halaman email pemulihan. Klik tombol Kirim untuk melanjutkan.

5. Akan tampil kolom isian untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke alamat email pemulihan.

6. Buka akun email pemulihan melalui browser berbeda jika menggunakan email Gmail. Di sini kami menggunakan email yahoo.com. Setelah itu, cek email masuk dari Google dengan judul Kode Verifikasi Google.

7. Kamu akan menemukan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Google.

8. Kembali lagi ke halaman untuk memasukkan kode verifikasi di langkah nomor 5. Masukkan 6 digit kode tersebut, kemudian klik tombol Berikutnya.

9. Akan tampil halaman untuk memasukkan password baru. Silakan masukkan password baru kamu sebanyak dua kali, kemudian kemudian klik tombol Ubah sandi.

10. Apabila password yang kamu masukkan telah sesuai dengan aturan dari Google, proses reset lupa password Gmail kamu sudah berhasil.

Ussy Sulistiawaty Pamer Bulu Ketiak
Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasi, Smartphone Murah Kualitas Mumpuni
Artikel Selanjutnya
Menggemaskan, Kucing Ini Berlagak jadi Tukang Pijat bagi Driver Ojol